UMM Institutional Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KAUMAN 2 MALANG

SAPUTRI, DIYANITA DEVIYANTI (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KAUMAN 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diyanitade-45381-1-pendahul-n.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diyanitade-45381-2-babi.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengaruh, Metode Bermain Peran, Keterampilan Berbicara Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dalam terciptanya tujuan pembelajaran. Selain sebagai sarana komunikasi,keterampilan berbicara mendorong siswa berpikir kritis dalam menggeluarkan ide-ide maupun gagasan dalam berlangsungnya proses belajar mengajar. Metode bermain peran (role playing) sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain peran (role playing) terhadap keterampilan berbicara sisw kelas V Pendekatan dalam penelitian ini adalah eksperimen nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Kauman 2 Malang. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel dengan masing-masing kelas terdiri dari 21 siswa. Analisis perhitungan t-test nilai postest menghasilkan nilai sig (2-tailed) <0,05 yaitu 0,01<0,05. Hal itu menunjukkan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Rata-rata atau mean pada kelas eksperimen mengalami peningkatan 5,25 sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan 2,48. Berdasarkan pehitungan tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, terdapat pengaruh metode bermain peran (role playing) terhadap keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:26
Last Modified: 25 Oct 2016 03:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34015

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo