UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA KOPER LGC (LISTRIK GERAK CAHAYA) PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN PETUNGSEWU 02 MALANG

HENDRAWAN, DODIK (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KOPER LGC (LISTRIK GERAK CAHAYA) PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN PETUNGSEWU 02 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dodikhendr-45382-1-pendahul-n.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dodikhendr-45382-2-babi.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan Media Koper LGC (Listrik Gerak Cahaya) Energi Alternatif IPA Hasil Observasi yang dilakuakan di kelas IV pada bulan Februari 2016 di SDN Petungsewu 02 Malang. Guru kelas tidak menggunakan media pembelajaran pada saat menjelaskan materi energi alternatif mata pelajaran IPA. Sehingga siswa terlihat bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, sebagian siswa ada yang nilainya di bawah KKM. Model penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Hannafin & peck). Karena pada model Hannafin & Pack tahap pengembanganya hanya menggunakan tiga tahapan namun tetap elegan. Hal penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari I Made Tegeh (2014). Pada tahap pertama model ini adalah tahap penilaian kebutuhan, dilanjutkan dengan tahap desain dan tahap ketiga adalah pengembangan dan implementasi. Semua tahapan akan dilakuhkan evaluasi dan revisi. Penelitian ini bertujuan untuk menhasilkan media yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN petungsewu 02 Malang. Hasil validasi ahli media terhadap tingkat kelayakan dengan persentase kelayakan sebelum revisi sebesar 80%, setelah revisi sebesar 91%, Hasil validasi ahli materi terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 75%, hasil validasi ahli pembelajaran wali kelas IV SDN Petungsewu 02 Malang memperoleh persentase mencapai 100%. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan presentase sebesar 100%, hasil uji coba kelompok besar mendapatkan presentase sebesar 97%. Dengan perolehan hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dapat dikatakan bahwa media koper LGC layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:22
Last Modified: 25 Oct 2016 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34014

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo