UMM Institutional Repository

ANALISIS KEDISIPLINAN SISWA DI SD NEGERI PADANG 01 LUMAJANG

PAWESTRI, DWI SIWI (2016) ANALISIS KEDISIPLINAN SISWA DI SD NEGERI PADANG 01 LUMAJANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwisiwipaw-45383-1-pendahul-n.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwisiwipaw-45383-2-babi.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Keyword : Analisis, Kedisiplinan Siswa Kedisiplinan merupakan unsur moralitas seseorang yang menekankan pada peraturan tata tertib dalam prinsip-prinsip keteraturan, pemberian perintah, larangan, pujian dan hukuman dengan otoritas atau paksaan untuk mencapai kondisi yang baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan kedisiplinan siswa dalam lingkungan SD Negeri Padang 01 Lumajang. (2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa yang ada di SD Negeri Padang 01 Lumajang. (3) Untuk menganalisis solusi menangani kedisiplinan siswa di SD Negeri Padang 01 Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, yang mana peneliti mendeskripsikan hasil penelitian ke dalam bentuk kata-kata atau kalimat. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V di SD Negeri Padang 01 Lumajang. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan kedisiplinan siswa dalam lingkungan SD Negeri Padang 01 Lumajang, peserta didik menunjukkan karakter yang cukup baik, walaupun belum seutuhnya mampu menunjukkan kedisiplinan yang baik, seperti datang tepat waktu, belajar sesuai dengan waktu yang ditentukan sekolah, siswa masuk kelas sesuai dengan waktunya, guru masuk kelas sesuai dengan waktunya, guru datang sesuai dengan aturan yang berlaku disekolah. (2) faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa yang ada di sekolah faktor pendukung karena adanya sikap siswa yang mau terbuka terhadap nasehat guru sehingga mereka tidak terlalu sulit diarahkan, sedangkan faktor penghambat masyarakatnya rata-rata bukan pegawai melainkan bekerja sebagai petani. (3) solusi menangani kedisiplinan siswa di sekolah untuk menanganinya adalah keteladanan seorang guru, guru harus menunjukkan sikap yang baik, tata krama dan sopan santun dapat dicontoh oleh peserta didik. Secara konsisten guru terus mensosialisasikan kepada peserta didik tentang pentingnya disiplin. Membantu peserta didik mengembangkan pola perilaku. Melaksanakan kegiatan penanaman agama seperti membaca surat-surat pendek sebelum masuk kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:16
Last Modified: 25 Oct 2016 03:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34013

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo