UMM Institutional Repository

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA SISWA DALAM MEMBUAT LAPORAN TERTULIS PADA TEMA I SUBTEMA I KELAS V SDN MOJOLANGU 05 MALANG

PERWITA, ELMI (2016) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA SISWA DALAM MEMBUAT LAPORAN TERTULIS PADA TEMA I SUBTEMA I KELAS V SDN MOJOLANGU 05 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elmiperwit-45384-1-pendahul-n.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elmiperwit-45384-2-babi.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Keyword : analisis kesalahan berbahasa, Morfologi, Leksikal, Sintaksis Analisis kesalahan berbahasa merupakan kajian terhadap segala aspek kesalahan dalam pembelajaran bahasa, baik kesalahan akibat interferensi maupun akibat penyamarataan atau overgeneralisali. Taksonomi kesalahan berbahasa pada penelitian ini diklasifikasikan dalam kesalahan dibidang linguistik yang dibagi menjadi tiga yaitu kesalahan Morfologi, kesalahan leksikal, dan kesalahan sintaksis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa tulis dalam kesalahan morfologi, kesalahan leksikal, dan kesalahan sintaksis siswa kelas V SDN Mojolangu 05 Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi karangan siswa untuk mengetahui jenis-jenis dari kesalahan berbahasa tulis siswa, dan dokumentasi untuk mendukung hasil data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesalaham imbuhan terdiri dari kesalahan penggunaan imbuhan dan hilangnya imbuhan. Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa yaitu penghilangan imbuhan. (2) Kesalahan pengulangan terdiri dari kesalahan bentuk dasar pengulangan yang salah dan penggunaan penanda banyak. Kesalahan yang paling dominan dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan penggunaan bentuk dasar pengulangan. (3) Kesalahan leksikal terdiri dari pemilihan kata yang tidak tepat (4) Kesalahan pembentukan klausa terdiri dari penggunaan kata penghubung yang tidak tepat. Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu penggunaan kata penghubung dan. (5) Kesalahan pembentukan kalimat terdiri dari kurangnya unsur kalimat dan penggunaan unsur kalimat ganda. Kesalahan yang paling dominan dilakukan oleh siswa yaitu kurangnya unsur kalimat dalam karangan siswa. Upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran mengarang siswa kelas V SDN Mojolangu 05 Malang Guru sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar agar kosakata yang dimiliki siswa menjadi banyak dan guru harus mengoreksi setiap tulisan siswa agar mengetahui letak kesalahan yang dilakukan sehingga bisa melakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:13
Last Modified: 25 Oct 2016 03:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34012

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo