UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN SHALAT DHUHA DI SDN SUMBERBULU 1 KECAMATAN TEGALSIWALAN KABUPATEN PROBOLINGGO

LESTARI, ERNA (2016) PELAKSANAAN SHALAT DHUHA DI SDN SUMBERBULU 1 KECAMATAN TEGALSIWALAN KABUPATEN PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernalestar-45385-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernalestar-45385-2-babi.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Keyword : pelaksanaan, shalat dhuha Shalat Dhuha mempunyai keistimewaan sebagaimana yang disebutkan oleh hadist “Barangsiapa yang melakukan Shalat Dhuha 4 rakaat, maka Allah akan mencukupi kebutuhannya pada hari itu.”. SDN Sumberbulu 1 ini dalam kurun waktu kurang lebih 3 tahun terakhir telah mengadakan program pelaksanaan shalat dhuha. Melihat realita dewasa ini bahwa jarang sekali SD maupun MI menerapkan pelaksanaan shalat dhuha. Pelaksanaan shalat dhuha di SDN Sumberbulu 1 ini diikuti 3 kelas. Yaitu kelas IV, kelas V, dan kelas VI, yang mana jadwal pelaksanaannya masing- masing kelas berbeda- beda sesuai dengan jadwal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah untuk mendiskripsikan: Pelaksanaan shalat dhuha di SDN Sumberbulu 1 Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo Penelitian ini menggunakan metode kalitatif dengan pendekatan diskriptif. Tempat penelitian berada di SDN Sumberbulu 1 Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Sumber Penelitian primer adalah siswa kelas 4-6 dan sumber data sekunder adalah guru dan kepala sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan instrument berupa pedoman wawncara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Pelaksanaan shalat dhuha diikuti oleh siswa kelas IV, V dan kelas VI. Penanggung jawab pelaksanaan shalat dhuha di SDN Sumberbulu 1 adalah guru pelajaran PAI. Dalam pelaksanaannya, guru tidak menggunakan silabus maupun RPP karena pelaksanaan shalat dhuha merupakan program sekolah diluar jam pelajaran wajib. 2)Shalat dhuha dilaksanakan pada saat pelajaran PAI, dilakukan di mushola sekolah dan dinilai oleh guru Pelajaran PAI. 3)Orang tua mendukung program tersebut dengan melengkapi peralatan shalat serta mengingatkan jika anaknya lalai. 4)Prosentase rata- rata untuk tiap kelas yang mengikuti adalah baik namun masih perlu ditingkatkan lagi. Peningkatan ini tidak hanya untuk kelas yang keterlaksanaannya kurang namun juga untuk kelas yang masuk kategori baik. 5)Dalam pelaksanaannya perlu adanya motivasi agar selalu berjalan lancar dan terprogram. Perlu adanya sosialisasi selain kepada orang tua juga kepada siswa didik agar siswa didik dalampelaksanaannya berangkat dari hati bukan didasarkan pada peraturan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:09
Last Modified: 25 Oct 2016 03:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34011

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo