UMM Institutional Repository

ANALISIS SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SDN PEMBINA KAUMAN 1 KOTA MALANG

PURNOMO, GHOFAR IMAM (2016) ANALISIS SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SDN PEMBINA KAUMAN 1 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ghofarimam-45387-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ghofarimam-45387-2-babi.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Keyword : Lingkungan, sikap siswa, Adiwiyata. Lingkungan memiliki peran penting dalam kehidupan sebagai sumber daya. Keadaan lingkungan yang memprihatinkan memerlukan adanya kesadaran dari manusia agar lingkungan tetap bisa berperan dengan baik. Kesadaran manusia tergantung sikap yang ditunjukkan terhadap lingkungan. keadaan ini membuat pemerintah membuat sebuah program peduli lingkungan yaitu Adiwiyata. Program tersebut dicanangkan oleh pemerintah agar bisa diterapkan di sekolah. Sekolah sebagai tempat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dirasa cocok untuk menerapkan program tersebut yang dapat melibatkan seluruh warga sekolah agar peduli terhadap lingkungan. penelitian ini memiliki tujuan untuk, (1) mengetahui sikap peduli lingkungan siswa melalui program Adiwiyata, (2) kendala yang dihadapi sekolah dalam menanamkan sikap peduli lingkungan siswa, (3) upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian kualitatif, dengan memaparkan hasil penelitian secara naratif. Data dalam penelitian ini berupa pernyataan dari siswa dan guru, hasil observasi, dokumen Adiwiyata. Sumber data yang digunakan yaitu siswa kader Adiwiyata dan guru pembina Adiwiyata SDN Pembina Kauman 1 Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan menggunakan analisis data kualitatif (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap peduli lingkungan siswa adalah baik dengan selalu menjaga lingkungan melalui program-program yang sudah dibuat oleh sekolah serta pada saat program tersebut tidak terjadwal. Siswa sendiri juga menjadi kendala dikarenakan usia siswa sekolah dasar merupakan usia dini yang perlu bimbingan secara baik. Kendala tersebut dapat diatasi dengan upaya yang dilakukan sekolah seperti guru memberikan contoh sikap peduli lingkungan. kriteria sekolah Adiwiyata sudah sesuai, sekolah melakukan kebijakan yang menunjang pelaksanaan Adiwiyata, program Adiwiyata yang dilaksanakan terintegrasi ke dalam kurikulum, partisipasi warga sekolah untuk terlibat dan pengelolaan sarana prasarana dilakukan untuk menunjang pelaksanaan program Adiwiyata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:03
Last Modified: 25 Oct 2016 03:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34009

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo