UMM Institutional Repository

KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MEDIA FLASH CARD DI SDN TAMBAKASRI 01 KABUPATEN MALANG

ULFA, HASNIAH (2016) KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MEDIA FLASH CARD DI SDN TAMBAKASRI 01 KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hasniahulf-45388-1-pendahul-n.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hasniahulf-45388-2-babi.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kemampuan, Menulis, Karangan Deskripsi, Media Flash Card Kemampuan merupakan kecakapan atau kesanggupan seseorang individu untuk beradaptasi dalam berbagai situasi. Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh 3 aspek yaitu peserta didik, pendidik, dan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan menulis siswa dalam karangan deskripsi dengan media flash card pada siswa kelas IV SDN Tambakasri 01 dilihat dari segi ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis siswa dalam karangan deskripsi dengan media flash card pada siswa kelas IV SDN Tambakasri 01 dilihat dari segi pemilihan kata, (3) Mendeskripsikan kemampuan menulis siswa dalam karangan deskripsi dengan media flash card pada siswa kelas IV SDN Tambakasri 01 dilihat dari segi struktur kalimat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai sumber data dipilih siswa kelas IV SDN Tambakasri 01 Kabupaten Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif yang dibantu dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) kemampuan siswa kelas IV menulis karangan deskripsi dengan media flash card dilihat dari ejaan dan tanda baca, yaitu: (a) penggunaan huruf kapital sebagai awal kalimat, 10 siswa “Mampu” dan 12 siswa “Tidak Mampu”, (b) penggunaan huruf kapital sebagai unsur-unsur nama orang, 13 siswa “Mampu” dan 9 siswa “Tidak Mampu”, (c) penggunaan tanda baca titik, 11 siswa “Mampu” dan 11 siswa “Tidak Mampu”, (d) penggunaan tanda baca koma, 15 siswa “Mampu” dan 7 siswa “Tidak Mampu”, (2) kemampuan siswa kelas IV menulis karangan deskripsi dengan media flash card dilihat dari pemilihan kata, yaitu: (a) penggunaan kata baku, 9 siswa “Mampu” dan 13 siswa “Tidak Mampu”, (b) penggunaan kata transisi, 10 siswa”Mampu” dan 12 siswa “Tidak Mampu”, (3) kemampuan siswa kelas IV menulis karangan deskripsi dengan media flash card dilihat dari segi struktur kalimat, yaitu: (a) penggunaan SPOK, 11 siswa “Mampu” dan 11 siswa “Tidak Mampu”, (b) penggunaan kalimat efektif, 5 siswa “Mampu” dan 17 siswa “Tidak Mampu”. Pencapaian keberhasilan pembelajaran kemampuan menulis karangan deskripsi dengan media flash card dari 22 siswa 7 orang siswa telah membuat karangan deskripsi dengan dengan media flash card dikatakan mampu, sedangkan 15 orang siswa termasuk dalam kategori tidak mampu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:01
Last Modified: 25 Oct 2016 03:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34008

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo