MUNIROH, LAILIYATUL (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD IRADA GRESIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-lailiyatul-45389-1-pendahul-n.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-lailiyatul-45389-2-babi.pdf Download (269kB) | Preview |
Abstract
Keyword : Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah Pendidikan karakter merupakan suatu usaha untuk mengembangkan prilaku baik siswa dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi pendidikan karakter dapat diintegrasikan melalui mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan macam-macam budaya sekolah, nilai karakter yang ditanamkan dan implementasinya, serta hambatan yang ditemui dalam melaksanakan pendidikan karakter di SD IRADA Gresik dan upaya dalam menanganinya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaimana adanya. Pengumpulan data yang digunakanadalahwawancara, observasi, dan dokumentasi.Kegiatananalisis data yang digunakantriangulasi data.Penelitianinidilakukanpada semester genap tahun ajaran 2015-2016, dengansubjekpenelitianadalahkepala sekolah, guru, dan siswa SD IRADA Gresik. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapat 10 budaya sekolah yang ada di SD IRADA Gresik, dari 10 budaya sekolah tersebut disisipkan 18 nilai karakter yang dikembangkanyaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin,kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, persahabatan/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD IRADA Gresik tidak banyak ditemui hambatan karena dengan diintegrasikan nilai karakter melalui budaya sekolah yang mana sudah menjadi kegiatan yang biasa dilakukan baik oleh siswa maupun warga sekolah yang lain, sehingga siswa dengan mudah untuk menerima dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | Mr Ahmad Adi Husada |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 02:57 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 02:57 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34007 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |