UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS IV DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI SDN 2 KARANGTENGAH TRENGGALEK

PRATIWI, MURTI (2016) ANALISIS PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS IV DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI SDN 2 KARANGTENGAH TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-murtiprati-45390-1-pendahul-n.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-murtiprati-45390-2-babi.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kosakata, Menulis, Karangan Deskripsi Kemampuan berbahasa peserta didik perlu didukung oleh penguasaan kosakata. Karena bahasa terdiri dari beberapa unsur yang disusun secara beraturan agar membentuk suatu pola untuk dapat menjadi bermakna. Banyaknya kosakata yang dikuasai seseorang sangat berpengaruh terhadap kelancaran komunikasi orang tersebut. Melalui kosakata, seseorang dapat berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas IV dengan menulis karangan deskripsi dari segi pemilihan kata dan (2) Mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas IV dengan menulis karangan deskripsi dari segi penggunaan bahasa di SDN 2 Karangtengah Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendukung data hasil penelitian tentang penguasaan kosakata siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat 6 peserta didik dengan tingkat keberhasilan pembelajaran “Menguasai” dalam pemilihan kata hubung, 5 peserta didik dengan tingkat keberhasilan pembelajaran “Tidak Menguasai” dalam pemilihan kata hubung, 7 peserta didik dengan tingkat keberhasilan pembelajaran “Menguasai” dalam pemilihan kata ganti, 4 peserta didik dengan tingkat keberhasilan pembelajaran “Tidak Menguasai” dalam pemilihan kata ganti. (2) Terdapat 4 peserta didik dengan tingkat keberhasilan pembelajaran “Tidak Menguasai” dalam penggunaan tata bahasa, 7 peserta didik dengan tingkat keberhasilan pembelajaran “Menguasai” dalam penggunaan tata bahasa, 3 peserta didik dengan tingkat keberhasilan pembelajaran “Tidak Menguasai” dilihat dari segi penggunaan bahasa dalam kategori keefektifan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:54
Last Modified: 25 Oct 2016 02:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34006

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo