UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

HARTANTI, NIKE YUNI (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nikeyuniha-45392-1-pendahul-n.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nikeyuniha-45392-2-bab1.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Keyword : pengembangan, media pembelajaran, animasi tiga dimensi, IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK di kelas VI SDN Bayem 1 dan 4 Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Media pembelajaran yang sering digunakan oleh guru di SDN Bayem 1 dan 4 yaitu media gambar. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa merasa cepat bosan dalam pembelajaran karena media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA hanya sebatas media gambar. Dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa, maka diperlukan sebuah media yang menarik untuk menumbuhkan minat belajar siswa dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang akan dikembangkan oleh peneliti yaitu media animasi tiga dimensi berbasis TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa animasi tiga dimensi pada materi sistem tata surya mata pelajaran IPA di kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, evaluasi, dan implementasi. Media pembelajaran animasi tiga dimensi mendapatkan hasil yang sangat valid dan sangat layak dengan prosentase yang diberikan oleh ahli media pembelajaran yaitu 92,8%, ahli materi 84%, dan ahli pembelajaran 86%. Hasil penilaian dari angket respon siswa juga mendapatkan respon positif dari uji coba kelompok kecil mendapatkan prosentase yaitu 91,3% dan uji coba kelompok besar dengan hasil prosentase sebesar 93,6%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi tiga dimensi sistem tata surya sangat valid dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran khususnya materi sistem tata surya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:48
Last Modified: 25 Oct 2016 02:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34004

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo