UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETRAMPILAN BERTANYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEBAK KATA PEMBELAJARAN IPA KELAS 3 SDN BULUBRANGSI LAMONGAN

WENI, NUR ARIE PUSPA (2016) PENINGKATAN KETRAMPILAN BERTANYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEBAK KATA PEMBELAJARAN IPA KELAS 3 SDN BULUBRANGSI LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurariepus-45394-1-pendahul-n.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurariepus-45394-2-babi.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Keyword : Peningkatan, Ketrampilan Bertanya, Metode Tebak Kata Rendahnya ketrampilan bertanya siswa kelas 3 SDN Bulubrangsi Lamongan telah ditemukan beberapa fakta bahwa dalam proses pembelajaran IPA peserta didik dalam 3 x 35 menit hanya separuh peserta didik dari 20 peserta didik yang mengajukan pertanyaan, karena siswa tidak berani bertanya atau tidak percaya diri dalam mengajukan pertanyaannya. Dalam pembelajaran IPA guru belum pernah melaksanakan pendekatan yang membuat siswa aktif dalam meningkatkan ketrampilan bertanya siswa. Adapun ketrampilan bertanya yang ditingkatkan peneliti adalah Berani bertanya, bertanya sesuai dengan materi dan mengungkapkan pertanyaannya dengan jelas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 3 SDN Bulubrangsi Lamongan dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 3, sedangkan data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016 dengan melakukan 2 tahap, yaitu tahap pratindakan dan tahap tindakan. Tahap pratindakan dilakukan dengan observasi, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) penerapan metode tebak kata pada pembelajaran IPA kelas 3 SD memberikan hasil yang positif bagi siswa karena mampu meningkatkan ketrampilan bertanya siswa. (2) peningkatan ketrampilan bertanya siswa pada siklus I menunjukkan siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (60%) sedangkan pada siklus II sebanyak 17 siswa (85%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:42
Last Modified: 25 Oct 2016 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34002

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo