UMM Institutional Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) PADA SISWA KELAS V DI SDN KANDANGAN 3 KABUPATEN KEDIRI

ANITASARI, PUTRI (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) PADA SISWA KELAS V DI SDN KANDANGAN 3 KABUPATEN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrianita-45395-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrianita-45395-2-babi.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Keyword : Model Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil belajar , IPA, SDN Kandangan 3 Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala dalam proses pembelajarannya, yaitu (1) kurangnya perhatian siswa terhadap penyampain materi dari guru, (2) kurang kreatifnya siswa dalam menyimpulkan materi pelajaran, (3) Nilai pelajaran masih banyak di bawah KKM. Perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru. Salah satu model pelajaran yang akan dicoba yaitu menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Model pembelajaran ini menuntut siswa dapat menghubungkan konsep yang baru diperoleh siswa dengan konsep yang sudah didapat dalam proses pembelajaran, sehingga menimbulkan adanya tindak aktif yang dilakukan oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menggambarkan pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif dalam proses pembelajaran IPA, (2) Untuk menggambarkan pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar afektif dalam proses pembelajaran IPA, dan (3) Untuk menggambarkan pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar psikomotor dalam proses pembelajaran IPA. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan peneletian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik nonproblabilty sampling dengan cara sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas V yang terdiri dari VA dan VB. Penentuan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol menggunakan random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas V di SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri sebesar 0,9%, (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar afektif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas V di SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri sebesar 9,2%, (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar psikomotor Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas V di SDN Kandangan 3 Kabupaten Kediri sebesar 24,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:39
Last Modified: 25 Oct 2016 02:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34001

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo