UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA TEGALDLIMO BANYUWANGI

NASRODIN, QOIRUL (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA TEGALDLIMO BANYUWANGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-qoirulnasr-45396-1-pendahul-n.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-qoirulnasr-45396-2-bab1.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Keyword : Peningkatan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cadr Sort IPA Hasil Observasi yang dilakuakan di kelas IV pada bulan April 2016 di MI Miftahul Huda. Guru kelas masih kurang memberikan model pembelajaran yang mengajak siswa bermain dalam proses pembelajaran. Sehingga terkesan monoton dan siswa terlihat bosan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan siswa sulit memahami materi yang telah disampaikan. Pada tahun ajaran 2015/2016 , dari 16 siswa kelas IV terdapat 7 siswa yang sudah mencapai KKM dan 9 siswa yang belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran card sort pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Tegaldlimo Banyuwangi tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar tes. Penerapan model pembelajaran card sort disesuaikan dengan langkah-langkah model pembelajaran card sort. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara Siklus I dengan Siklus II. Secara klasikal, Siklus I, terdapat 6 siswa dengan persentase 38% yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 70 dan 10 siswa dengan persentase 72% yang mendapatkan nilai kurang dari 70. Terjadi peningkatan setelah pelaksanaan Siklus II yaitu terdapat 15 siswa dengan persentase 94% yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 70. Sehingga dapat dikatakan bahwa persentase pada Siklus II melebihi kriteria ketuntasan klasikal yang sudah ditentukan yaitu minimal 70%. Persentase ini melebihi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 70%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV MI Miftahul Huda Tegaldlimo Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:29
Last Modified: 25 Oct 2016 02:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34000

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo