UMM Institutional Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI KELAS IV SD di SD ISLAM MUHAMMAD HATTA MALANG

IMAMAH, SARI ANISWATUL (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI KELAS IV SD di SD ISLAM MUHAMMAD HATTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sarianiswa-45399-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sarianiswa-45399-2-bab1.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Keyword : quantum writing, menulis eksposisi. Pembelajaran Qauntum Writing yaitu suatu metode untuk membantu siswa dalam memunculkan potensi menulis yang ada dalam diri siswa. Penelitian yang dilakukan oleh Widiarti (2009) menyatakan bahwa penggunaan metode Quantum Writing dalam pembelajaran menulis artikel dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis artikel. Hal ini tampak pada hasil sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran dan peningkatan yang cukup signifikan. Sesuai pernyataan tersebut peneliti ingin mengeksperimenkan pembelajaran Quantum Writing tersebut di kelas eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Quantum Writing terhadap kemampuan menulis eksposisidi SD Islam Mohammad Hatta Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B yang masi-masing jumlah siswa adalah 22, dimana kelas kontrol adalah kelas IV A dan kelas eksperimen kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian hasil menulis siswa. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian menulis. Rubrik penilaian terdiri dari 5 indikator yaitu isi, kosa kata, organisasi, penggunaan bahasa dan mekanik. Hasil penelitian berdasarkan uji t dan independent sample t test, dengan bantuan SPSS versi 21 diperoleh sig = 0,636 maka sig > 0,05, disimpulkan bahwa Ha diterima (ada pengaruh pembelajaran quantum writing terhadap kemampuan menulis eksposisi) dan Ho ditolak ( tidak ada pengaruh pembelajaran quantum writing terhadap kemampuan menulis eksposisi). Artinya setelah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen, kemampuan menulis kedua kelompok adalah tidak sama dimana pada kelompok eksperimen kemampuan menulisnya lebih tinggi daripada kemampuan menulis pada kelompok kontrol. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Quantum Writing kemampuan menulis eksposisi kelas IV SD Islam Muhammad Hatta Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:25
Last Modified: 25 Oct 2016 02:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33999

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo