UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIASAAN PACELATHON UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS 2 DI SDN SUMURUP 1 TRENGGALEK

SUBANDARI, SEPTA DWI (2016) ANALISIS KEBIASAAN PACELATHON UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS 2 DI SDN SUMURUP 1 TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-septadwisu-45400-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-septadwisu-45400-2-babi.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kebiasaan Pacelathon, Keterampilan Berbicara, Bahasa Jawa Kebiasaan pacelathon merupakan upaya guru kelas 2 dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa dengan melalui praktik dialog. Melalui kegiatan pacelathon, siswa bisa dilatih berkomunikasi dengan Bahasa Jawa yang baik sehingga siswa tidak asal berbicara saja melainkan dengan menggunakan kalimat, bahasa atau tingkat tutur kata yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan implementasi penerapan pacelathon untuk keterampilan berbicara Bahasa Jawa pada siswa kelas 2 di SDN Sumurup 1 Trenggalek (2) mendiskripsikan kendala pada penerapan pacelathon untuk keterampilan berbicara Bahasa Jawa pada siswa kelas 2 di SDN Sumurup 1 Trenggalek (3) mendiskripsikan upaya penyelesaian terhadap kendala pada pelaksanaan penerapan pacelathon untuk keterampilan berbicara Bahasa Jawa pada siswa kelas 2 di SDN Sumurup 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SDN Sumurup 1 Trenggalek yang beralokasi di Jalan Raya Bendungan Km 10 Desa Sumurup Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek pada tanggal 25 April sampi 9 Mei 2016. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 2 yang berjumlah 14 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu secara deskriptif dengan melalui tahapan mengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kebiasaan pacelathon untuk keterampilan berbicara Bahasa Jawa pada siswa kelas 2 dilaksanakan pada pagi hari sebelum pembelajaran dimulai dengan siswa membaca buku khusus pacelathon (2) kendala yang terjadi dalam proses kebiasaan pacelathon yaitu pengelolaan kelas dan cuaca (3) upaya penyelesaian kendala yaitu mengatur kembali pengelolaan kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:22
Last Modified: 25 Oct 2016 02:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33998

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo