UMM Institutional Repository

PERAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR SISWA STUDI KASUS: SEKOLAH DASAR NEGERI PAGENTAN 02 SINGOSARI

WIJIATMOKO, SUTOMO (2016) PERAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR SISWA STUDI KASUS: SEKOLAH DASAR NEGERI PAGENTAN 02 SINGOSARI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sutomowiji-45401-1-pendahul-n.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sutomowiji-45401-2-bab1.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Keyword : Budaya Sekolah, Prestasi Belajar Budaya di sekolah merupakan kebiasaan bersikap dan berperilaku yang mewarnai kehidupan sekolah. Budaya sekolah memiliki peran mendukung prestasi belajar siswa artinya bahwa budaya siswa di sekolah mempengaruhi pencapaian prestasi belajar siswa dalam bidang akademik dan non akademik. Siswa yang memiliki budaya baik seperti, tekun belajar, berani berpendapat, pantang menyerah, kerja keras serta disiplin pada umumnya mencapai prestasi akademik atau non akademik yang potensial tinggi. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan yaitu : 1) Bagaimana budaya sekolah yang ada di SDN Pagentan 02 Singosari, 2) bagaimana peran budaya sekolah dalam mendukung prestasi belajar siswa, 3) faktor apa saja dari budaya sekolah yang mendukung prestasi belajar siswa SDN Pagentan 02 Singosari. Data lapangan yang mendukung penelitian diperoleh melalui tindakan penelitian kualitatif deskriptif terhadap budaya siswa di SDN Pagentan 02 Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentatif dan catatan lapangan. Temuan penelitian adalah: 1) Bahwa Budaya Sekolah SDN Pagentan 02 Singosari meliputi budaya salam, sopan, himbauan tekun belajar oleh seluruh guru, stake holder dalam pembelajaran Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler, bimbingan kedisiplinan melalui keteladanan guru dan seluruh warga sekolah dan sekitarnya serta fasilitas pembelajaran seperti sarana ekstrakurikuler lengkap dengan program dan pengembangannya, 2) Budaya sekolah di SDN Pagentan 02 yang mendukung prestasi belajar siswa ditunjukkan oleh pemunculan siswa berprestasi akademik dan non akademik yang berhasil ditingkat kecamatan maupun kabupaten dan provinsi sebagai bentuk keberhasilan bimbingan para guru dan pengajar ekstrakurikuler, 3) Faktor yang berpengaruh terhadap peran budaya sekolah dalam mendukung prestasi belajar anak yaitu Program pengembangan pembelajaran oleh guru, penyediaan fasilitas pendukung pada upaya pencapaian visi dan misi sekolah, dukungan masyrakat ( wali murid, tokoh masyarakat dan stake holder). Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut maka Peneliti memberikan rekomendasi dan saran agar budaya di sekolah mendapat perhatian untuk ditingkatkan dan didukung dengan fasilitas yang maksimal oleh seluruh warga sekolah dan stake holder agar dapat mendukung prestasi belajar siswa sekolah terkait.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:18
Last Modified: 25 Oct 2016 02:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33997

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo