UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGGUNAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERKARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN IPS KELAS III SDN GADINGKULON 01 MALANG

ANGGANATA, YUSEFA NIKALIA (2016) ANALISIS PENGGUNAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERKARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN IPS KELAS III SDN GADINGKULON 01 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusefanika-45404-1-pendahul-n.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusefanika-45404-2-bab1.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Keyword : Penggunaan RPP Berkarakter pada Proses Pembelajaran Penelitian ini diawali dari dengan observasi. Pada tahap awal guru kurang memberikan unsur permainan dalam proses pembelajaran. Sehingga pembelajaran terkesan monoton dan siswa terlihat bosan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan RPP berkarakter serta apa saja kendala-kendala dalam penggunaan RPP berkarakter pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada siswa kelas III SDN Gadingkulon 01. Pelaksanaan penelitian ini dimulai dengan kegiatan pembelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru kelas III beserta siswa. Pada saat pembelajaran guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang ada pada RPP. Mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Berdasarkan hasil penelitian pada Analisis Penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berkarakter pada Proses Pembelajaran IPS Kelas III SDN Gadingkulon 01 Malang. Penggunaan RPP berkarakter pada proses pembelajaran IPS kelas III SDN Gadingkulon 01 Malang menunjukkan adanya perbedaan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti lainya. Perbedaan terletak pada karakteristik peserta didik yang lebih sulit pada saat siswa SD yang cenderung terpengaruh oleh teman-temannya yang lain. Kelebihan dari penggunaan RPP berkarakter ini ialah guru lebih aktif memberikan motivasi bagi peserta didik untuk belajar terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran. Guru lebih berperan aktif dalam mengeksplor pengetahuan siswa dengan cara menghadirkan pengalaman ataupun pengetahuan baru. Guru mampu menambah pengetahuan dan wawasan murid dari berbagai macam referensi dan buku-buku serta menghadirkan kerja sama dengan sesama siswa. Hal ini biasa dilakukan dengan menerapkan beberapa model pembelajaran agar kerjasama antar siswa dapat terlihat. Guru mampu merangkum semua materi pelajaran maupun hal-hal lain yang dianggap perlu. Hal ini menunjukkan adanya kelebihan serta kekurangan dalam penggunaan RPP berkarakter di SDN Gadingkulon 01 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:06
Last Modified: 25 Oct 2016 02:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33994

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo