UMM Institutional Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL THINK PAIR AND SHARE MELALUI LESSON STUDY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SDN TUNGGULWULUNG 3

WAHYUNI, AGIK CANDRA (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL THINK PAIR AND SHARE MELALUI LESSON STUDY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SDN TUNGGULWULUNG 3. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agikcandra-44099-1-pendahul-n.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agikcandra-44099-2-babi.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pembelajaran Tematik, Think Pair and Share, dan Lesson Study, Thematic learning, Think Pair and Share, and Lesson Study. Kondisi pembelajaran TEMATIK di SDN Tunggulwulung 3 Malang diketahui bahwa guru melaksanakan pembelajaran konvensional/klasikal dan menggunakan metode ceramah serta antusias dari siswa untuk belajar masih rendah. Dengan kondisi tersebut seharusnya guru mencari alternatif-alternatif metode pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran di kelas, dan salah satu yang dimaksud dalam hal ini adalah dengan model think pair and share melalui lesson study Model pembelajaran ini digunakan kerena melihat dari kondisi siswa yang masih kurang aktif dalam belajar, dengan menggunakan metode think pair and share melalui lesson study siswa akan lebih aktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mampu menerapkan pembelajaran tematik dengan metode think pair and share melalui lesson study di kelas III SDN Tunggulwulung 3 Malang; (2) Meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Tunggulwulung 3 Malang pada pembelajaran tematik; Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Strategi yang digunakan pada penelitian ini adalah model think pair and share melalui lesson study. Model think pair and share dapat diartikan sebagai metode berpikir, berpasangan dan berbagi, yaitu prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberikan kesempatan yang lebih banyak kepada siswa untuk berpikir, menjawab, dan saling membantu sama lain. Think pair .and share merupakan model pembelajaran kooperatif yang menempatan siswa secara berpasangan untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik melalui tiga tahapan, yaitu:Think (berpikir), Pair (berpasangan), dan Share (berbagi). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran think pair and share melalui lesson study dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajatan tematik di kelas III SDN Tunggulwulung 3 Malang, hal ini terbukti dari hasil penelitian. Aktivitas belajar siswa dengan prosentase ketuntasan sebesar 82%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 11:25
Last Modified: 24 Oct 2016 11:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33992

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo