UMM Institutional Repository

PENGARUH MODEL BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN LAWANG 05 MALANG

NURLINDAWATI, ARIN (2016) PENGARUH MODEL BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN LAWANG 05 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arinnurlin-44100-1-pendahul-n.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arinnurlin-44100-2-babi.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

Keyword : Model Bermain Peran, Kemampuan Berbicara, Role play model, Speaking ability Bermain peran memiliki posisi dalam memperbaiki cara berkomunikasi. Salah satu buktinya, siswa berani berbicara di depan umum yang ditampilkan dalam bentuk karya sastra yaitu drama. Kemampuan berbicara itu memiliki peran penting dalam kehidupan anak. Bicara dapat memberikan pengaruh yang besar bagi pribadi anak, akan tetapi dalam prakteknya siswa sering mengalami kesulitan. Oleh karena itu peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: “Apakah model bermain peran mempengaruhi kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Lawang 05 Malang?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model bermain peran terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 05 Lawang Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design (nondesign) dengan one-group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan 17 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, tes performa, dan dokumentasi. Dari hasil pengujian normalitas untuk data pretest dan posttest diperoleh nilai p-value > alpha (0.050), sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua data dari kemampuan berbicara tersebut berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t sampel berpasangan, dari perhitungannya didapat thitung = 9.585 dengan p-value < alpha = 0.050 sehingga ditemukan perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post test. Artinya, terdapat pengaruh signifikan antara nilai pre-test dan post-test kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan model bermain peran siswa kelas V SDN Lawang 05 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 11:19
Last Modified: 24 Oct 2016 11:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33991

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo