UMM Institutional Repository

ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI GADGET TERHADAPPERILAKU SISWADI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

WULANDARI, CAHYANI MEY (2016) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI GADGET TERHADAPPERILAKU SISWADI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cahyanimey-44102-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cahyanimey-44102-2-babi.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Keyword : DampakPenggunaanGadget, Perilaku, Gadget usage Impact, Behavior. Berdasarkan hasil Observasi di SD Muhammadiyah 4 Batu dari 800 siswa sebagaian besar yang membawa gadget adalah siswa kelas IV, V, dan VI. Pada kenyataannya sekarang kebanyakan siswa memanfaatkan gadget bukan untuk hal yang positif. Misalnya mereka memanfaatkan gadget untuk bermain game online, selfie dengan temannya, dan terkadang mengunduh film yang tidak seharusnya dilihat oleh siswa khususnya siswa SD. Peran serta pendampingan guru dan orangtua sangat penting dalam hal ini karena untuk mencegah terjadinya hal negatif terhadap perkembangan anak. Dengan berkembangnya gadget dikalangan siswa SD, siswa SD cenderung mengabaikan tata tertib dan tata perilaku yang ada dilingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak positif dan negatif yang ditimbulkan gadget terhadap perilaku siswa. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26-29 Maret 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif sebab penelitian ini menggambarkan bagaimana dampak yang ditimbulkan gadget terhadap perilaku siswa dan melibatkan siswa beserta guru kelas IVB dan VB sebagai subjek penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles and Huberman. Hasil data dari penelitian didapat dari observasi awal, penyebar angket, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 54 siswa yang diteliti 81,5% siswa mempunyai gadget dan 27,8% membawanya ke sekolah. Sebanyak 26,7% siswa yang berperilaku malas. Sebanyak 62,04% siswa berperilaku rajin. Sebanyak 22,8% siswa yang berperilaku acuh. Sebanyak 51,8% siswa berperilaku peduli. Dan 83,3% siswa berperilaku sopan. Hasil ini dapat dinyatakan bahwa perilaku siswa kelas IV B dan V B di SD Muhammadiyah 4 Batu tergolong berperilaku baik walaupun sebagaian terdapat siswa yang berperilaku malas dan acuh. Terutama dalam hal ini tingkat kesopanan siswa SD Muhammadiyah 4 Batu yang tinggi. Pihak sekolah, guru dan orangtua harus lebih ekstra memperhatikan, mengontrol dan membimbing anak atau siswa yang menggunakan gadget secara terus menerus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 11:05
Last Modified: 24 Oct 2016 11:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33989

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo