UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDI DI KELAS ATAS SDN JABUNG 03 KABUPATEN MALANG

SAPUTRI, DEFI KURNIA (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMIDI DI KELAS ATAS SDN JABUNG 03 KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-defikurnia-44104-1-pendahul-n.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-defikurnia-44104-2-bab1.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pelaksanaan, Pembelajaran remidi, kelas atas, implementation, remedial teaching, high class Permasalahan pembelajaran yang dihadapi siswa kelas atas SDN Jabung 03 Kabupaten Malang sekitar 60% siswa mempunyai prestasi belajar yang rendah, ini dibuktikan dari nilai siswa dibawah 60 atau dibawah KKM, daya serap rata-rata siswa terhadap materi pelajaran masih rendah, sehingga perlu diadakan analisis pelaksanaan pembelajaran remidi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran remidi di kelas atas SDN Jabung 03. (2) Mendiskripsikan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran remidi di kelas atas SDN Jabung 03. (3) Mendiskripsikan solusi terhadap kendala dalam pelaksanaan pembelajaran remidi di kelas atas Pendekatan dan jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, lokasi dan waktu penelitian yaitu di SDN Jabung 03 Kabupaten Malang pada tanggal 22-25 Februari 2016, kehadiran peneliti dalam penelitian ini sebagai pengamat langsung, dengan subjek penelitian meliputi guru kelas IV dan guru kelas V serta 1 siswa kelas IV dan 1 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap pra-lapangan, lapangan dan analisis data. Aktivitas dalam analisis data menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Dalam pelaksanaan pembelajaran remidi guru melakukan pengamatan dan identifikasi dari hasil nilai evaluasi, yang dilakukan setelah pelaksanaan ulangan dengan pendekatan kuratif dan metode pemberian tugas. (2) kendala dalam pelaksanaan pembelajaran remidi yaitu kesulitan belajar yang dialami siswa akibat pengaruh faktor internal dan eksternal. (3) guru memberikan bimbingan dan pengajaran remidi untuk mengatasi siswa yang berkesulitan belajar dengan memberikan pengajaran individual dan tugas rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 11:00
Last Modified: 24 Oct 2016 11:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33987

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo