UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN TARI SEMUT BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH 8 DAU MALANG

NATALISA, DEWI (2016) PENGEMBANGAN TARI SEMUT BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH 8 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewinatali-44105-1-pendahul-n.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewinatali-44105-2-babi.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan, Model Tari Semut, Pendidikan karakter, Development, Model Dancing Ants, Character Education seni. Salah satu contoh cabang seni yang dapat diajarkan adalah seni tari. Seni tari dapat memberikan kesempatan pada anak untuk tumbuh dan berkembangnya sehingga akan memiliki kesadaran terhadap keragaman budaya baik lokal maupun secara global sebagai pembentukan sikap menghargai, toleran, dan hidup rukun dalam masyarakat dan budaya yang beraneka ragam. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SD Muhammadiyah 8 Dau Malang, dibutuhkan sebuah model tarian pengembangan agar pembelajaran ekstrakurikuler tari dapat berjalan dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model tarian berupa pengembangan Tari Semut yang berbasis pendidikan karakter. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap pengembangan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain model, validasi desain, revisi desain, uji coba model, revisi model uji coba pemakaian, revisi model tahap akhir, dan produksi massal. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu dan biaya, penelitian ini berhenti sampai tahap kedelapan yakni tahap uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap awal validasi ahli model menunjukkan bahwa desain model pengembangan Tari Semut menunjukkan 95,5% dengan kriteria sangat valid.. hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran tari menunjukkan kriteria sangat valid dengan presentase 100%. Selain itu, hasil uji coba kelompok kecil pada 6 siswa menunjukkan kriteria sangat valid dengan presentase respon positif siswa sebanyak 97,2%. Sdangkan uji kelompok besar pada 17 siswa menunjukkan kriteria sangat valid dengan presentase sebesar 97,0% berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model pengembangan Tari Semut berbasis pendidikan karakter dapat dijadikan sebagai model pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler tari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 10:05
Last Modified: 24 Oct 2016 10:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33986

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo