UMM Institutional Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 KELAS IVSD ISLAM MOHAMMAD HATTA

Lestari, Dhini Wiji Putri (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 KELAS IVSD ISLAM MOHAMMAD HATTA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dhiniwijip-44106-1-pendahul-n.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dhiniwijip-44106-2-babi.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kemampuan Komunikasi, Pemahaman Konsep IPA, Jigsaw, Communication Skill, Understanding of Concept, Jigsaw Pelajaran IPA sering kali disebut siswa sebagai pelajaran hafalan. Siswa cenderung diam dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan pembelajaran tipe jigsaw guna menerapkan pembelajaran yang lebih menarik pada pembalajaran IPA. Yaitu kegiatan kelompok secara hiterogen yang terdiri dari kelompok asal dan kelompok ahli. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh kemampuan komuniasi siswa kelas IV SD Islam Mohammad Hatta dengan menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw, (2) mengetahui pengaruh pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SD Islam Mohammad Hatta dengan menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Islam Mohammad Hatta sebanyak 44 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik rumpun (cluster) . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) tes, (3) uji validitas instrumen, (4) reliabilitas soal. teknik analisis data penelitian ini menggunakan (1) uji normalitas, (2) uji homogenitas, (3) uji kesamaan rata-rata (independent sample T-test). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa kelas eksperimen adalah 76,00, (2) nilai rata-rata kemampuan komunikasi kelas kontrol adalah 68,32. Sehingga terdapat perbedaan nilai kemampuan komunikasi sebesar 7,62 antara kedua kelompok. Sedangkan untuk nilai pemahaman konsep IPA diketahui (1) nilai pemahaman konsep IPA kelas ekperimen dari pretest yaitu 66,91 sedangkan pada postest yaitu 80,73, (2) nilai pemahaman konsep IPA kelas kontrol pada pretest yaitu 62,82 sedangkan pada postest yaitu 72,00. Sehingga terdapat peningkatan nilai pemahaman konsep IPA pada kelas ekperimen sebesar 13,82 sedangkan pada kelas kontrol terdapat peningkatan nilai sebesar 9,18. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran tipe jigsaw terhadap kemampuan komuniasi dan pemahaman konsep IPA pembelajaran tematik tema 8 kelas IV SD Islam Mohammad Hatta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 10:00
Last Modified: 24 Oct 2016 10:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33985

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo