UMM Institutional Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN JAWABAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KOTALAMA 1 MALANG

ANGGRAINI, DIAN (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN JAWABAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KOTALAMA 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diananggra-44107-1-pendahul-n.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diananggra-44107-2-babi.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Keyword : “Bermain Jawaban” Method, Science Learning Outcomes, metode Bermain Jawaban, hasil belajar IPA ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang belum sebenarnya (Pre-experimental.), sedangkan desain penelitiannya menggunakan Intact-Group Comparison. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu penggunaan metode Bermain Jawaban dan variabel dependen yaitu hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kotalama 1 Malang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B SDN Kotalama 1 Malang yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen untuk mengukur hasil belajar menggunakan post-test yang berbentuk tes objektif. Teknik analisis data menggunakan uji Levene dan uji T-test untuk menguji ada tidaknya pengaruh yang positif antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Bermain Jawaban dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran Bermain Jawaban pembelajaran IPA kelas IV di SDN Kotalama 1 Malang. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 78,07 atau sebesar 78%. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 51,15 atau sebesar 51%. Hasil uji uji t-tes menunjukkan bahwa thitung sebesar -9,151 dan ttabel diperoleh sebesar 2,01, dan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, maka uji t test berdasarkan tabel t dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Bermain Jawaban memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kotalama 1 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:57
Last Modified: 24 Oct 2016 09:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33984

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo