UMM Institutional Repository

PENERAPAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK KELAS VB SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA MALANG

HARTONO, EDI (2016) PENERAPAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK KELAS VB SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-edihartono-44108-1-pendahul-n.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-edihartono-44108-2-bab1.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pelaksanaan, Media Puzzle, Pembelajaran Tematik, Implementation, Media Puzzle, Learning Thematic Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya minat belajar siswa kelas VB SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, hal ini disebabkan gaya belajar siswa kelas VB yang mayoritas gaya belajarnya kinestetik tidak di imbangi dengan ketersediaan media yang memadai. sehingga mengakibatkan para siswa menjadi jenuh selama mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan sintaks pelaksanaan media, mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan dan mengetahui adanya efektivitas pelaksanaan media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif. Peneliti berperan sebagai pengajar, pewawancara, pengamat serta pengumpul dan penganalisis data di lapangan mulai dari proses awal penelitian hingga akhir penelitian. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang dan sumber data yang diteliti yaitu siswa kelas 5B. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Intrumen penelitian ini menggunakan rambu-rambu wawancara dan angket. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemanfaatan media dikatakan baik. Ditinjau dari hasil analisis instrumen data yang dipergunakan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan sintaks yang telah direncanakan dengan hasil tidak menjumpai kendala-kendala selama pelaksanaan pembelajaran. pemanfaatan media sangat efektif untuk menarik minat belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari 23 siswa yang mengikuti pembelajaran terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media Puzzle. Kesimpulan yang diperoleh dari data tersebut adalah adanya efektivitas pelaksanaan penerapan Media Puzzle dalam pembelajaran tematik untuk siswa kelas 5B SD Muhammadiyah 9 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:54
Last Modified: 24 Oct 2016 09:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33983

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo