UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA KOPASUKA (KOTAK PUZZLE SUSUN KATA) UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

MANZILA, TARY (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KOPASUKA (KOTAK PUZZLE SUSUN KATA) UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tarymanzil-44150-1-pendahul-n.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tarymanzil-44150-2-babi.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Keyword : pengembangan media, kopasuka, bahasa Indonesia, ilmu pengetahuan sosial, Media Development, Kopasuka, Indonesian Language, Social Science. Pembelajaran di kelas I sekolah dasar dilakukan oleh guru dengan menggunakan media gambar yang ditempel pada papan tulis. Pada penelitian ini, media dikembangkan menjadi media yang berbentuk tiga dimensi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengembangankan media pembelajaran dan menghasilakn produk berupa media KOPASUKA (Kotak Puzzle Susun Kata) pada materi menjelaskan isi gambar tunggal/ gambar seri dan lingkungan rumah yang sehat untuk siswa kelas I sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D) dalam Sugiyono. Langkah-langkah metode (R & D) adalah sebagai berikut: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan produksi masal. Namun peneliti hanya membatasi penggunaan langkah sampai langkah ke sembilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Media KOPASUKA digunakan sebagai media kegiatan pembelajaran. Dengan media ini, siswa lebih aktif dan dapat dengan mudah memahami materi menjelaskan isi gambar tunggal/ gambar seri dan lingkungan rumah yang sehat. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata nilai latihan soal siswa setelah menggunakan media yaitu 89. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji media yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validasi para ahli, ditandai dengan presentase nilai yang mencapai 85,71% oleh ahli media, 89,23% oleh ahli materi, dan 96,92% oleh ahli pembelajaran kelas I SD. Ujicoba kelompok kecil diperoleh hasil presentase mencapai 94,05% dan ujicoba kelompok besar mencapai hasil presentase 96,54%. Media KOPASUKA mendapat respon positif dengan kriteria sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran di kelas I SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:51
Last Modified: 24 Oct 2016 09:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33982

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo