UMM Institutional Repository

STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DI SDN GUMULAN DAN SDN POJOKKULON KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG

AFIFATUROHMAH, LELY (2016) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DI SDN GUMULAN DAN SDN POJOKKULON KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lelyafifat-44151-1-pendahul-n.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lelyafifat-44151-2-babi.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

management SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon memiliki ruang kelas dengan luas sekitar 7mx8m dengan jumlah peserta didik tidak lebih dari 26 peserta didik pada masing-masing kelas. Luas ruang kelas yang cukup besar dan jumlah peserta didik sedikit merupakan pendukung pelaksanaan pengelolaan kelas. Pada kenyataannya pelaksanaan pembelajaran di kelas, peserta didik kurang kooperatif terhadap kegiatan pembelajaran, kelas menjadi ramai jika guru tidak berada di dalam ruangan, pembelajaran yang monoton, fasilitas yang ada dan yang digunakan hanya seadanya. Masing-masing guru memiliki strategi untuk menciptakan kelas yang kondusif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, (2) Faktor pendukung strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, dan (3) Faktor penghambat strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dipilih adalah guru kelas I sampai kelas V dan peserta didik kelas I dan kelas V SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon adalah 1) menggunakan pendekatan pengelolaan kelas yaitu a) pendekatan sosio-emosional, b) pendekatan perubahan perilaku, c) pendekatan proses kelompok, d) pendekatan kebebasan; 2) menciptakan kedisiplinan; 3) pemberian motivasi; 4) kegiatan pembelajaran yang bervariasi; 5) pengaturan ruang belajar meliputi a) pengaturan tempat duduk, b) pengaturan media pendidikan papan tulis, c) pengaturan keindahan dan kebersihan, d) ventilasi dan tata cahaya yang masuk. Faktor pendukung strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang adalah 1) besarnya ruang kelas, 2) jumlah peserta didik di dalam kelas, 3) faktor guru, 4) kondisi peserta didik. Faktor penghambat strategi pengelolaan kelas di SDN Gumulan dan SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang adalah 1) fasilitas yang kurang memadai, 2) kurangnya perhatian orang tua, 3) tugas guru selain mengajar, 4) faktor guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:48
Last Modified: 24 Oct 2016 09:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33981

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo