UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK, VISUAL DAN KINESTETIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATERI UNSUR DAN SIFAT BANGUN DATAR SISWA KELAS III SDN SEPANJANG 01 KECAMATAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG

MAHENDRA, TAUFIQ (2016) PENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK, VISUAL DAN KINESTETIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATERI UNSUR DAN SIFAT BANGUN DATAR SISWA KELAS III SDN SEPANJANG 01 KECAMATAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-taufiqmahe-44182-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-taufiqmahe-44182-2-babi.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kooperatif, Kecerdasan linguistik, visual, kinestetik, Cooperative, linguistic intelligence, visual, kinesthetic Penelitian berawal dari hasil wawancara,dengan wali kelas III yang menunjukan terdapat rendahnya hasil belajar siswa khusunya pelajaran matematika materi unsur dan sifat bangun datar. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa tersebut antara lain kurangnya kumunikasi antara guru dan siswa sehingga kecerdasan linguistik siswa kurang terlatih, kurangnya media dan permainan yang menunjang sehingga kecerdasan visual dan kinestetik siswa kurang terbina. Pembelajaran multiple intelegensi secara kooperatif dijadikan suatu solusi untuk meningkatkan kemampuan linguistik, visual dan kinestetik yang ditunjukan dengan hasil belajar. Adapun rumusan masalah yaitu meliputi bagaimana penerapan pembelajaran matematika melalui pembelajaran multiple intelegensi dan bagaimana peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan multiple intelegensi. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan multiple intelegensi dalam pembelajaran matematika dan mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertempat di SDN Sepanjang 1 Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran penerapan kecerdasan linguistik dan visual pada mata pelajaran matematika materi unsur dan sifat bangun datar. Siklus kedua dilaksanakan dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran mengacu pada tindakan I dengan penerapan kecerdasan linguistik dan kinestetik. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan penilaian sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika dan ketuntasan klasikal dengan memberikan soal individu yang digunakan untuk memantau perkembangan hasil belajar siswa dari siklus pertama hingga siklus kedua. Berdasarkan hasil tes diketahui hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar ditentukan sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 65. Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 16 anak dengan persentase ketuntasan klasikal 80%. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan yaitu 18 dari 20 anak dengan persentase 90%. Dengan demikian, penelitian sudah cukup dan dihentikan karena telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu ≥70%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan multiple intelegensi dapat meningkatkan kemampuan multiple intelegensi dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Sepanjang 1 Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:45
Last Modified: 24 Oct 2016 09:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33980

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo