UMM Institutional Repository

ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 SUBTEMA 2 KELAS V SDN MOJOLANGU 03 MALANG

SYAVA, FINDRI NUR (2016) ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 SUBTEMA 2 KELAS V SDN MOJOLANGU 03 MALANG. UNSPECIFIED thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-findrinurs-44184-1-pendahul-n.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-findrinurs-44184-2-babi.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Keyword : penerapan, model Problem Based Learning, metode Think Pair Share, pembelajaran tematik, Aplication, Problem Based Learning model, Think Pair share method, tematic learning. Pembelajaran tematik tema 8 subtema 2 kelas V di SDN Mojolangu 03 Malang guru menerapkan model Problem Based Learning dengan metode Think Pair Share. Model Problem Based Learning yaitu model pembelajaran berbasis masalah sedangkan metode Think Pair Share mempunyai langkah-langkah yaitu berpikir, berpasangan, berbagi. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut, (1) Bagaimana perencanaan pelaksanaan model PBL dengan metode TPS (2) Bagaimana pelaksanaan model PBL dengan metode TPS (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan model PBL dengan metode TPS (4) Bagaimana kendala pelaksanaan model PBL dengan metode TPS, serta (5)Bagaimana upaya dalam mengatasi kendala-kendala yang muncul pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan model PBL dengan metode TPS kelas V SDN Mojolangu 03 Malang. Pada penelitian penerapan model Problem Based Learning dengan metode Think Pair Share pada pembelajaran tematik tema 8 subtema 2 menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data (data reduction), pemaparan data (data display), serta penarikan kesimpulan (verifying). Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu (1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran guru mempersiapkan silabus dan RPP, (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru sudah sesuai dengan langkah-langkah RPP yang dibuat., (3) evaluasi

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:41
Last Modified: 24 Oct 2016 09:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33979

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo