UMM Institutional Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK KELAS IV SD CITRA BUNDA BATU

MASYITA, ANGGYNIAR DEAH (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK KELAS IV SD CITRA BUNDA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggyniard-44187-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggyniard-44187-2-bab1.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pendidikan Multikultural, nilai kultural, Multicultural of education, cultural value Pendidikan multikultural penting diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk menghargai perbedaan masing-masing siswa dalam kelas. Aspek yang perlu diterapkan sebagai komponen multikultural antara lain aspek: 1) usia, 2) gender, 3) agama, 4) status sosial ekonomi, 5) jenis identitas budaya, 6) bahasa, 7) ras, 8) berkebutuhan khusus. Kemudian nilai yang perlu diajarkan guru dalam proses pembelajaran antara lain nilai: 1) inklusif (terbuka), 2) mendahulukan dialog, 3) kemanusiaan, 4) toleransi, 5) tolong-menolong, 6) keadilan (demokratis), 7) persamaan dan persaudaraan, 8) berbaik sangka, 9) cinta tanah air. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan aspek multikultural yang telah diterapkan guru dalam proses pembelajaran, 2) mendeskripsikan nilai-nilai kultural yang telah diajarkan oleh guru dalam proses pembelajaran, 3) mengidentifikasi sikap siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data dari penelitian ini adalah (a) aktifitas dan tuturan guru dalam proses pembelajaran yang mengandung pendidikan multikultural, (b) wawancara terhadap siswa kelas IV dan guru kelas IV. Sumber data yang diperoleh dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 5- 15 Oktober 2015 dan 29 Oktober-2 November 2015. Hasil penelitian yang diperoleh berupa guru menerapkan semua aspek multikultural dalam proses pembelajaran. Namun terdapat dua aspek yang belum terlihat yaitu aspek usia dan aspek berkebutuhan khusus. Kemudian hasil penelitian yang diperoleh berupa guru telah mengajarkan semua nilai kultural dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:38
Last Modified: 24 Oct 2016 09:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33978

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo