UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH PADA SISWA KELAS IV SDN PADANGASRI KABUPATEN MOJOKERTO

IRVIANTI, AGUSTIN DWI (2016) PENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH PADA SISWA KELAS IV SDN PADANGASRI KABUPATEN MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agustindwi-44189-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agustindwi-44189-2-babi.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Keyword : Metode Karyawisata dan Hasil Belajar, Study tours Method and Learning Outcomes Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas IVSDN Padangasri Kabupaten Mojokerto, terdapat rendahnya nilai hasil belajar siswa terutama matapelajaran IPS materi menghargai peninggalan sejarah karena kurang menariknya proses pembelajaran di dalam kelas. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi menghargai peninggalan sejarah Kelas IV SDN Padangasri Kabupaten Mojokerto dengan menggunakan metode karyawisata. Metode sangat penting untuk kegiatan proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam hal ini adalah jenis penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SDN Padangasri Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 16 siswa.Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Padangasri Kabupaten Mojokerto.Penelitian berhasil dilakukan saat siklus 2. Hasi penelitian menunjukkan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) matapelajaran IPS yaitu 75.Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil soal tes yang di berikan oleh guru di setiap siklus dipertemuan 2. Hasil tes siswa pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I hasil tes siswa yang tuntas ada 6 siswa nilai yang diperoleh di atas KKM ≥ 75 dengan ketuntasan klasikal 37,05%, sedangkan 10 siswa lainya belum tuntas dikarenakan nilai yang diperoleh masih dibawah KKM. Hasil tes siswa pada siklus II menunjukkan bahwa terdapat 13 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM ≥ 75 dengan ketuntasan klasikal 81,25%, sedangkan 3 siswa belum tuntas karena nilai masih dibawah KKM. Hal ini terbukti bahwa pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yaitu 37,05% menjadi 81,25%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:35
Last Modified: 24 Oct 2016 09:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33977

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo