UMM Institutional Repository

PENERAPAN ICE BREAKING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS IV SDN MULYOREJO II NGANTANG

SUHARTONO, ISNAIN BARKAH (2016) PENERAPAN ICE BREAKING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS IV SDN MULYOREJO II NGANTANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-isnainbark-44195-1-pendahul-n.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-isnainbark-44195-2-babi.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Keyword : Efektivitas, Proses Belajar Mengajar, Ice Breaking, effectiviness, learning process, ice breaking Pendidikan di jenjang sekolah dasar terdapat banyak mata pelajaran yang harus dipahami dan dikuasai oleh siswa. Beberapa mata pelajaran yang harus dikuasai adalah matematika, bahasa Indonesia, pendidikan kewarganegaraan, ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial.Dari sekian banyak bidang ilmu yang diajarkan ada saja faktor penghambat yang mempengaruhi efektivitas proses belajar mengajar diantaranya adalah kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas IV SDN Mulyorejo 2 Ngantang. Subjek penelitian berjumlah 8 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPS dengan menggunakan ice breaking pada siswa kelas IV SDN Mulyorejo 2 Ngantang. (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan peningkatan efektivitas proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan ice breaking pada siswa kelas IV SDN Mulyorejo 2 Ngantang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif.Penelitian ini akan mendiskripsikan peristiwa yang terjadi dalam bentuk kalimat, untuk melengkapi data kualitatf digunakan juga data kuantitaif yaitu untuk mengukur efektivitas proses belajar mengajar siswa dan mengukur tingkat minat siswa terhadap penerapan Ice Breaking. Data kuantitaif berupa angka hasil lembar observasi efektivitas proses belajar mengajar dan data kuisioner minat siswa, sedangkan data kualitatif merupakan ungkapan yang menunjukkan tentang proses dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ice breaking pada siswa kelas IV SDN Mulyorejo 2 Ngantang sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Siswa lebih semangat mengikuti pembelajaran dan berperan aktif pada pembelajaran. Hasil observasi efektivitas proses belajar mengajar yang di dapat, siswa mengalami peningkatan dari siklus I 67% dan meningkat menjadi 82 % pada siklus II. Data lembar observasi kuisioner minat siswa terhadap penerapan ice breaking juga mengalami peningkatan dari siklus I 86% meningkat menjadi 96% pada siklus II. Ice breaking merupakan pemecah kebekuan kelas agar meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar kelas IV, dan menghilangkan kebosanan siswa pada proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:25
Last Modified: 24 Oct 2016 09:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33974

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo