UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) PADA ANAK AUTIS DI SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG

MUNA, ELWI NAILUL (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) PADA ANAK AUTIS DI SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elwinailul-44194-1-pendahul-n.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elwinailul-44194-2-babi.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Keyword : implementasi, kecakapan hidup, pendidikan kecakapan hidup, autis, implementation, life skills, life skills education, autism Pendidikan merupakan hak setiap manusia seperti halnya pendidikan kecakapan hidup bagi anak berkebutuhan khusus seperti anak autis. Pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup pada anak autis yang ada di SD Muhammadiyah 9 Malang terlaksana belum maksimal. Sedangkan pendidikan kecakapan hidup itu sendiri sangat diperlukan setiap individu demi kelangsungan hidupnya yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) pada anak autis di SD Muhammadiyah 9 Malang, dan (2) hambatan dalam pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup (life skill) pada anak autis di SD Muhammadiyah 9 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan penelitiam yang dilakukan adalah kualitatif. Data yang digunakan data primer yang berbentuk tulisan atau teks. Sebagai sumber data, dipilih Guru Kelas (kelas I dan kelas VI), Guru Pembimbing Khusus dan dua Anak Autis (kelas I dan kelas VI). Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2016 dengan menggunakan observasi, wawancara, asesmen dan dokumentasi. Hasil Penelitian menujukkan (1) implementasi pendidikan kecakapan hidup yang terlaksana meliputi kecakapan personal, kecakapan sosial dan kecakapan akademik. Kecakapan personal yaitu aspek kemandirian, kedisiplinan dan tanggung jawab. Pada kecakapan sosial dilihat dari aspek komunikasi dan peduli lingkungan. Sedangkan dari kecakapan akademiknya dapat terlihat dari berfikir ilmiah dan respon. Berdasarkan aspek kecakapan yang dilaksanakan dapat terlihat sudah dapat memberikan peningkatan dalam kelangsungan hidup anak autis. (2) Faktor penghambat implementasi pendidikan kecakapan hidup yaitu lingkungan sekitarnya, diri sendiri dan nutrisi. Pihak orangtua dan keluarganya yang memiliki sikap khawatir yang berlebihan sehingga kegiatan yang di implementasikan di sekolah tidak diterapkan dan di kembangkan di rumah. Dari lingkungan sekolah seperti sarana yang terbatas, waktu dan tenaga pendidik autis yang minim.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:22
Last Modified: 24 Oct 2016 09:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33973

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo