UMM Institutional Repository

KREATIVITAS GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS RENDAH MELALUI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL DI MI HIDAYATULLOH PRINGU KECAMATAN BULULAWANG MALANG

UTARI, WAHYU (2016) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS RENDAH MELALUI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL DI MI HIDAYATULLOH PRINGU KECAMATAN BULULAWANG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuutari-44196-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyuutari-44196-2-bab1.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pendidikan Karakter, Kegiatan Pembelajaran, Character Education, Academic Activity Penelitian dilatar belakangi oleh Kreativitas dan inovasi menjadi hal mutlak yang wajib guru lakukan dalam peningkatan kualitasnya dalam mengajar. Kreativitas dan inovasi yang guru lakukan dapat diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran akademik, kegiatan non akademik maupun kegiatan sosial, seperti pada kegiatan ekstrakurikuler, soaialisasi dan interaksi dengan siswa atau pada kegiatan yang lainnya. Di MI Hidayatulloh Pringu ini belum pernah diadakan penelitian tentang kreativitas guru daalam pembentukan karakter terutama pada kelas rendah. Maka dari itu peneliti mengadakan penelitian di MI tersebut karena untuk mengetahui pelaksanaan dan evaluasi terhadap kreativitas guru dalam pembentukan karakter. Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan ditunjang/dilengkapi dengan kuantitatif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas rendah MI Hidayatulloh Pringu. Sedangkan sampel penelitian ini adalah beberapa siswa kelas rendah MI Hidayatulloh Pringu, dimana ke beberapa siswa kelas I dan kelas II dilakukan wawancara, sedangkan pengisian angket dilakukan oleh seluruh siswa kelas III. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat hari setiap hari JumÂ’at dan Sabtu yaitu pada tanggal 4, 5 dan 11, 12 Maret 2016. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan ditunjang oleh analisis statistik dekriptif prosentase, dengan pengelompokan kategori baik, kurang dan buruk. Instrumen pada penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data setelah dilaksanakan penelitian tersebut, maka diperoleh hasil bahwa Bapak N sebagai informan primer sekaligus guru yang mengajar siswa kelas rendah di bidang pramuka menggunakan berbagai metode dalam pembelajaran, selain itu dalam penyampaian karakter pada pembelajaran bapak N juga menggunakan berbagai kegiatan yang cukup menarik dan inovatif, seperti membuat kode disiplin dengan siswa menjadi climate maker menjadi Talent Scouter Siswa dan lain sebagainya. Sedangkan untuk efektivitas kreativitas yang guru lakukan dalam pembentukan karakter siswa diperoleh dari pengisian angket yang dilakukan oleh siswa kelas III dengan hasil Jumlah skor hasil pengumpulan data = 782. Dengan demikian kreativitas yang guru lakukan dalam pembentukan siswa kelas rendah pada kegiatan pembelajaran di MI Hidayatulloh Pringu Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang menurut persepsi 36 responden itu 782 dari 864 atau 90.51%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:19
Last Modified: 24 Oct 2016 09:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33972

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo