UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN PROGRAM PARENTING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

PUTRI, ERNI SARI (2016) PELAKSANAAN PROGRAM PARENTING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernisaripu-44197-1-pendahul-n.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ernisaripu-44197-2-babi.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Keyword : program parenting, peningkatan, prestasi belajar, parenting program, development, learning achievement Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa meliputi peranan guru, lingkungan sekolah, peranan orang tua (keluarga), dan lingkungan masyarakat. Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang dikenal oleh anak. orang tua mempunyai pengaruh besar dalam membimbing dan mengembangkan potensi anak khusunya masalah pendidikan. Oleh karena itu artisipasi orang tua adalah faktor terpenting dalam mendidik anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif., serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sebagai sumber data yang dipilih yaitu siswa, orang tua siswa dan guru program parenting SD Muhammadiyah 4 Batu. Hasil penelitian pelaksanaan program parenting sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa di SD muhammadiyah 4 Batu yaitu sebagai berikut: (1) bentuk pelaksanaan program parenting ialah berbentuk paguyuban orang tua, dan kunjungan kelas, pelaksanaan program parenting ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. (2) fungsi dari pelaksanaan program parenting yaitu: (a) sebagai tempat orang tua berkomunikasi dengan sekolah , (b) sebagai sarana memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang perkembangan pendidikan anak, serta membantu atau memberikan solusi kepada orang tua dalam menangani permasalahan anak, (c) meningkatkan prestasi belajar siswa dengan pola asuh orang tua. (3) hasil pelaksanaan program parenting ialah (a) komunikasi orang tua dengan pihak sekolah mengalami peningkatan, (b) pemahaman dan pengetahuan yang didapatkan ialah 6 upaya sebagai peningkatan prestasi belajar siswa dengan hasil 5 upaya berhasil diterapkan secara maksimal yaitu bimbingan belajar, mengawasi kegiatan anak di sekolah dan lingkungan pergaulan anak, fasilitas belajar, penjagaan kesehatan anak. sedangkan 1 upaya belum berhasil diterapkan yaitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh anak. (c) peningkatan prestasi belajar siswa ialah bidang akademik (nilai UN) mengalami peningkatan. begitu juga dengan bidang non-akademik (lomba) mengalami peningkatan dari juara yang diperoleh ataupun bertambahnya bidang yang diikuti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:16
Last Modified: 24 Oct 2016 09:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33971

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo