UMM Institutional Repository

ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SDN PURWANTORO 1 MALANG

MUNANDAR, ARIS (2016) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SDN PURWANTORO 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arismunand-44198-1-pendahul-n.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arismunand-44198-2-babi.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Keyword : Analisis, Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Karawitan, Analysis, character education, extracurricular karawitan Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin, dari sifat kordinatnya menuju kearah peradaban yang manusiawi dan lebih baik. Pendidikan karakter dapat diimplementasikan melalui kegiatan esktrakurikuler, yang merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan diluar jam pelajaran. Salah satu ekstrakurikuler yang diadakan di sekolah ini adalah esktrakurikuler karawitan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan pada siswa SDN Purwantoro 1, 2) mendiskripsikan kendala dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa SDN Purwantoro 1, 3) mendiskripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam menanamkan nilai karakter pada siswa SDN Purwantoro 1 melalui ekstrakurikuler karawitan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaimana adanya. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai karakter yang muncul setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karawitan pada siswa SDN Purwantoro 1 yaitu religius, jujur, toleransi, kedisiplinan, kerja keras, kreatif, mandiri, menghargai prestasi, nilai persahabatan, cinta damai, peduli sosial, dan rasa tanggung jawab. (2) Kendala yang dihadapi dalam menanamkan nilai kararakter dalam ekstrakurikuler karawitan yaitu minat anak yang kurang dalam mengikuti ekstrakurikuler karawitan, sarana dan prasarana belum optimal, kurangnya partisipasi wali murid, minimnya tenaga Pembina karawitan, kurangnya waktu latihan. (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu mendatangkan guru karawitan yang lebih terampil dan menarik minat wali murid dengan menampilkan pertunjukan karawitan disekolah dalam acara rapat wali murid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:13
Last Modified: 24 Oct 2016 09:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33970

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo