UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 01 GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

RAHMATIANUR, (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 01 GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmatianu-44200-1-pendahul-n.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmatianu-44200-2-babi.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengaruh, Penggunaan Media Puzzle, Mata Pelajaran Matematika, Materi Bangun Datar,Hasil Belajar, Effects, Use of Puzzle Media, Mathematics Course, Two-Dimentional Figure , Learning Outcomes. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya nilai siswa pada pelajaran matematika kelas III di SD 01 Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Pendidik belum melakukan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan, pendidik hanya melakukan pembelajaran dengan metode konvensional dimana siswa hanya memperoleh informasi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle dalam pembelajaran matematika materi bangun datar terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 01 Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian True Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 01 Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat sebanyak 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonproblability sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan reabilitas soal. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji kesamaan dua rata-rata (independent sample T-test). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai rata-rata matematika untuk materi bangun datar menggunakan media puzzle pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Kesimpulan ini diperoleh dari nilai skor pretest-postest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas kontrol nilai skor rata-rata pretest yaitu 66,45 dan nilai skor rata-rata postest yaitu 67,85 dengan selisih skor pretest-postest 1,4, sedangkan pada kelas eksperimen nilai skor rata-rata pretest yaitu 66,70 dan nilai skor rata-rata postest yaitu 82,40 dengan selisih skor pretest-postest 15,7. Berdasarkan hasil tersebut diketahui selisih skor pretest-postest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria uji nilai sig uji t (0.000) < 0.05, maka keputusannya adalah H1 diterima atau ada pengaruh media puzzle dalam pembelajaran matematika materi bangun datar terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 01 Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:04
Last Modified: 24 Oct 2016 09:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33968

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo