UMM Institutional Repository

KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA SISWA KELAS IV MI ASSALAM BATU

KHOIRIYAH, MALIKA FITROTUL (2016) KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA SISWA KELAS IV MI ASSALAM BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-malikafitr-44202-1-pendahul-n.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-malikafitr-44202-2-babi.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kemampuan, Ketrampilan, Bahasa Jawa, Ability, Skill, Javanese language Pembelajaran bahasa Jawa khususnya keterampilan berbicara siswa saat proses pembelajaran mengalami beberapa hambatan diantaranya adalah siswa belum terlatih menggunakan bahasa Jawa terutama bahasa krama yang baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Hal tersebut yang dapat membuat siswa kurang memahami tutur kata dengan baik dan benar. Misalnya pengucapan bunyi vocal dan konsonan dalam berbicara, pengucapan, ketepatan lafal berbicara, penggunaan intonasi dalam berbicara, kelancaran dan kejelasan siswa dalam berbicara bahasa Jawa yang dimiliki siswa juga menjadi penyebab kurang maksimalnya ketercapaian kemampuan dan keterampilan berbicara, sehingga seringkali ditemui bahasa Jawa bercampur dengan bahasa dialek. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan ketrampilan berbicara bahasa jawa siswa kelas IV MI Assalam Batu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif dengan memanfaatkan data kuantitatif statistik sederhana melalui distribusi frekuensi. Data didapat dari hasil wawancara peneliti, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan ketrampilan berbicara bahasa Jawa siswa kelas IV secara umum nilainya mencapai ketuntasan belajar terutama dalam hal pengucapan bunyi vokal dan konsonan, pengucapan kata, ketepatan lafal, penggunaan intonasi dan kejelasan serta kelancaran berbicara cukup baik. Kendala yang dialami dalam pembelajaran kemampuan ketrampilan berbicara bahasa Jawa diantaranya adalah: kurangnya pembiasaan dalam berbicara menggunakan bahasa Jawa; siswa memiliki kepercayaan diri yang kurang; siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran; siswa masih menggunakan metode hapalan; Sebagian besar berasal dari ekonomi menengah ke bawah; Fasilitas di laboratorium kurang lengkap. Kendala bagi siswa, siswa kehabisan ide atau kata-kata saat tampil; takut, malu, dan kurang percaya diri; kurang mendapat perhatian dari teman dan siswa belum mampu berbicara dadakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:57
Last Modified: 24 Oct 2016 08:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33966

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo