UMM Institutional Repository

ANALISIS PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN BERBICARA KELAS II SDN KAUMAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

WIJAYA, ROSHEHAN ALDI (2016) ANALISIS PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN BERBICARA KELAS II SDN KAUMAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-roshehanal-44205-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-roshehanal-44205-2-babi.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Keyword : Metode Talking Stick, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Keterampilan berbicara, Talking Stick Method, Bahasa Indonesia Learning, Speaking Skills. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi yang dilakukan peneliti yang menemukan masalah bahwa kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara masih kurang sehingga guru menemukan metode Talking Stick yang cocok untuk keterampilan berbicara siswa, namun guru masih kurang bisa mengemas metode Talking Stick ini. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai langkah-langkah penerapan, kelebihan dan kekurangan metode Talking Stick dalam pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan berbicara kelas II di SDN kauman Mojosari Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif. Instrument penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data primer diperoleh dari observasi dan wawancara, data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa langkah-langkah metode Talking Stick pada awal pembelajaran guru menjelaskan materi kemudian guru menyiapkan stick, stick kemudian diberikan ke salah satu siswa secara bergilir dengan menyanyikan lagu hingga lagu selesai. Siswa yang terakhir memegang stick berbicara didepan teman-temannya mengenai materi sesuai pembelajaran. kelebihan metode Talking Stick adalah melatih siswa memahami materi dengan cepat dan memacu agar siswa lebih giat belajar. kekurangan metode Talking Stick adalah membuat siswa senam jantung dan siswa yang tidak siap tidak bisa menjawab

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:52
Last Modified: 24 Oct 2016 08:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33965

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo