UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN KURSI PANAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN SIDOMULYO 3 BATU

KURNIASIH, TITIN (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN KURSI PANAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN SIDOMULYO 3 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-titinkurni-44207-1-pendahul-n.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-titinkurni-44207-2-babi.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Keyword : Hasil Belajar, Metode Permainan Kursi Panas, dan Metode Konvensional, Learning Outcome, Hot Seat Method, and Conventional Method Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa dalam proses belajar mengajar, siswa cenderung kurang termotivasi dalam belajar karena proses pembelajaran yang monoton dan tidak melibatkan siswa secara langsung. Proses belajar yang tidak baik dan kurangnya persiapan guru dalam menyampaikan materi juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode pembelajaran yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan Kursi Panas terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sidomulyo 3 Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimendengan bentuk desain nonequivalent control group desain. Dengan menggunakan. Populasi penelitian ialah seluruh siswa SDN Sidomulyo 3 Batu, sedangkan sampelnya yaitu kelas IV-A 26 siswa menggunakan metode permainan Kursi Panas dan kelas IV-B 27 siswa mengunakan metode konvensional. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Analisis uji normalitas dan homogenitas menggunakan nilai selisih antara nilai pretest dan posttest kedua kelas menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t menggunakan nilai selisih antara nilai pretest dan posttest kedua kelas. Kelas yang menggunakan metode permainan Kursi Panas memperoleh rata-rata 63,56 terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional dengan rata-rata 51,17. Hal ini didukung dengan nilai probabilitas < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima artinya ada perbedaan mean yang signifikan hasil posttest antara kedua variabel (kelas eksperimen dan kelas kontrol) atau dengan kata lain ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode permainan Kursi Panas terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sidomulyo 3 Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:46
Last Modified: 24 Oct 2016 08:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33963

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo