UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PERMAINAN BOLA FANTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS DAN VOLUME BOLA PADA SISWA KELAS V SDN TEGALGONDO MALANG

ABQARI, FIRMAN TSABBIT (2016) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PERMAINAN BOLA FANTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS DAN VOLUME BOLA PADA SISWA KELAS V SDN TEGALGONDO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firmantsab-44208-1-pendahul-n.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firmantsab-44208-2-babi.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pembelajaran Matematika, Kemampuan Menghitung Luas dan Volume Bola, Permainan Bola Fantasi, Learning Mathematics, the Ability of Calculating Area and Volume of Sphere, Fantasy Ball Games Pada kenyataannya bahwa pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan menghitung luas dan volume bola di SDN Tegalgondo Malang masih cukup rendah, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui metode-metode yang kreatif, metode tersebut dengan bermain yaitu Permainan Bola Fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menghitung luas dan volume bola pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang (Bola) dengan menggunakan metode permainan bola fantasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas V SDN Tegalgondo Malang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016 dalam dua tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data hasil pembelajaran guru dan observasi langsung proses pembelajaran di kelas, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pembelajaran tersebut anak lebih aktif berpartisipasi, kerjasama antar kelompok dan berpikir kritis dalam mengikuti pembelajaran. Adapun prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 65% dengan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 70%, dan pada siklus II Prosentase ketuntasan klasikal mencapai 87%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan permainan bola fantasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan penelitian ini disarankan sebagai acuan dalam mengembangkan metode-metode yang lebih kreatif lagi dalam pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:43
Last Modified: 24 Oct 2016 08:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33962

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo