UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 3 JEPUN TULUNGAGUNG

RAHAYU, NURENY (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 3 JEPUN TULUNGAGUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurenyraha-44209-1-pendahul-n.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurenyraha-44209-2-babi.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Keyword : Peningkatan, Keterampilan Berdiskusi, Model Pembelajaran Project Citizen, improvement, discussion skill, learning modelProject Citizen Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses penerapan model pembelajaran project citizen untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas V SDN 3 Jepun Tulungagung dan hasil peningkatan keterampilan berdiskusi siswa. Mata pelajaran Bahasa Indonesia aspek berbicara dipilih karena hasil keterampilan berdiskusi siswa tergolong rendah . Ada 13 siswa mendapat nilai kisaran 48-68 atau sebanyak 72,22% dan 5 siswa mendapatkan nilai kisaran 73-80 sebanyak 27,78%. Yang mana nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 72. Hal ini disebabkan karena siswa kurang percaya diri, merasa takut apabila diminta berbicara di depan kelas, serta gugup sehingga dia lupa dengan apa yang akan diucapkan. Selain itu anak belum memperhatikan pilihan kata.. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian Penelitian Tindakan Kelas adalah observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini yakni siswa kelas V SDN 3 Jepun Tulungagung berjumlah 18 siswa. Analisis data dalam penelitian ini yakni, analisis kuantitatif menggunakan ketunasan individu dan ketuntasan klasikal, analisis kualitatif melalui 3 tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan analisis data analisis data, penerapkan model pembelajaran project citizen dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis (saat berargumen, berpendapat), melatih keberanian siswa, dan dapat memecahkan suatu permasalahan dengan cara melibatkan siswa melalui suatu praktik belajar yang secara prosedural menerapkan langkah- langkah mengenali permasalahan, mengumpulkan informasi, mendiskusikan permasalahan, mencari solusi sehingga siswa dapat mengomentari persoalan dengan disertai alasan yang logis. Selain itu, dengan model pembelajaran project citizen hasil keterampilan berdiskusi pada siklus I diperoleh rata- rata kelas 70 terdapat 10 siswa yang mendapat ≥72 dengan persentase 55%. Pada siklus II diperoleh rata- rata kelas 83 terdapat 15 siswa yang mendapat ≥72 dengan persentase 83%. Sehingga sudah mencapai ketuntasan klasikal yang digunakan yaitu ≥75%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berdiskusi siswa kelas V SDN 3 Jepun Tulungagung dengan menggunakan model pembelajaran project citizen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:40
Last Modified: 24 Oct 2016 08:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33961

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo