UMM Institutional Repository

ANALISIS NILAI NILAI KEBANGSAAN PADA EKSTRAKULIKULER KARAWITAN DI SDN SUMBERSARI 1 MALANG

PRASTYA, DEDY (2016) ANALISIS NILAI NILAI KEBANGSAAN PADA EKSTRAKULIKULER KARAWITAN DI SDN SUMBERSARI 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedyprasty-44211-1-pendahul-n.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedyprasty-44211-2-babi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Keyword : Nilai-Nilai Kebangsaan, Ekstrakulikuler Karawitan, National Values, Extracurricular Karawitan. Nilai-nilai kebangsaan pada siswa disekolah dasar sudah mulai pudar akibat derasnya arus globalisasi, siswa sudah banyak melupakan budaya asli bangsa sendiri. Dalam sekolah dasar sendiri sudah melakukan upaya guna menumbuhkan kembali nilai-nilai kebangsaan siswa dengan melakukan program ekstrakulikuler karawitan. Sehingga perlu adanya upaya untuk mengetahui nilai-nilai kebangsaan apa saja yang ada pada ekstrakulikuler karawitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) nilai-nilai kebangsaan apa saja yang ada pada ekstrakulikuler karawitan dan (2) dampak tersebut pada perilaku siswa di SDN Sumbersari 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitataif. Sumber data dipilih dari siswa kelas 5 yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler karawitan di SDN Sumbersari 1 Malang, guru karawitan, guru kelas dan kepala sekolah. Pengambilan data diperoleh dari teknik dokumentasi, wawancara dan observasi yang berkaitan langsung dengan nilai-nilai kebangsaan pada ekstrakulikuler karawitan di SDN Sumbersari 1 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kebangsaan juga terdapat pada kegiatan ekstrakulikuler karawitan, di SDN Sumbersari 1 Malang nilai-nilai kebangsaan yang ada pada ekstrakulikuler karawitan adalah nilai kerja sama pada saat siswa secara bersama sama dan mampu memainkan tembang dengan baik dan benar, nilai sopan santun pada siswa saat sebelum latihan dimulai sudah mempersiapkan dengan baik yaitu duduk bersila diposisinya masing-masing, nilai tanggung jawab siswa dalam memainkan sebuah tembang sampai selesai, nilai kedisiplinan siswa dalam ketepatan memainkan alat karawitan, nilai kejujuran siswa dalam membawakan sebuah tembang dengan penuh penghayatan, nilai cinta tanah air siswa yang mampu memainkan tembang tradisional dengan baik dan benar serta nilai religius siswa dalam memainkan tembang bernuansa ilsami. Selain itu, dampak kegiatan ekstrakulikuler karawitan juga berdampak pada nilai nilai kebangsaan siswa dalam perilakunya. Dampak tersebut menunjukkan sikap siswa yang baik pada nilai kejujuran dalam siswa mengerjakan UTS dengan tidak berkerja sama, nilai tanggung jawab dalam memainkan peran dramanya, nilai kedisiplinan dalam masuk ke kelas tepat waktu, nilai tanggung jawab dalam pementasan drama sesuai peran yang sudah dibagi, nilai kesopanan dalam guru memberikan arahan sebelum drama, nilai cinta tanah air dan religius dalam mementaskan drama sejarah kerajaan Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:34
Last Modified: 24 Oct 2016 08:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33959

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo