PERMATA, NIKI NILA (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI BANYUBANG LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-nikinilape-44213-1-pendahul-n.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-nikinilape-44213-2-babi.pdf Download (589kB) | Preview |
Abstract
Keyword : peningkatan, hasil belajar, pendekatan SAVI, improvement, learning result, SAVI approach Kenyataan dalam lapangan, guru kelas IV SDN Banyubang Lamongan masih menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media yang mendukung. Hasil belajar yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran ini masih di bawah kriteria ketuntasan minimal, yang seharusnya mendapatkan nilai di atas rata-rata tetapi sebaliknya. Untuk mempermudah pembelajaran matematika yang diberikan kepada siswa, sebaiknya guru menggunakan pembelajaran yang menyenangkan serta mengajak siswa aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: (1) rancangan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI pada materi pecahan di kelas IV SDN Banyubang Lamongan, (2) penerapan pendekatan SAVI dalam pelaksanaan pembelajaran pada materi pecahan di kelas IV SDN Banyubang Lamongan, dan (3) hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan SAVI pada materi pecahan di kelas IV SDN Banyubang Lamongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sebagi sumber data, dipilih siswa kelas IV SDN Banyubang Lamongan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 8 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2016 dalam dua tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data tes awal siswa pada materi penjumlahan pecahan berpenyebut sama dan penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran, peneliti merancang kegiatan penanaman konsep penjumlahan pecahan berpenyebut sama dan berpenyebut berbeda. Kegiatan tersebut dikaitkan dengan langkah-langkah pendekatan SAVI, peneliti menggabungkan aktivitas fisik dan intelektual yang dimiliki siswa sehingga siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI berjalan dengan baik, dapat dilihat dari siklus II, rata-rata aktivitas guru sebesar 93% dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 90%. (3) Hasil tes yang diberikan setelah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dari 8 siswa yang mengikuti tes akhir di siklus II diperoleh persentase siswa yang tuntas belajarnya sebesar 100%, sehingga semua siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | Mr Ahmad Adi Husada |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 08:28 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 08:28 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |