UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV MENGENAL AKTIVITAS EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DI SDN PEKOREN I PASURUAN

ASRININGTYAS, PUTRI AYU (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV MENGENAL AKTIVITAS EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DI SDN PEKOREN I PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriayuas-44214-1-pendahul-n.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriayuas-44214-2-babi.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Keyword : Peningkatan, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS, Examples Non Examples, Improving, Critical Thinking Ability, Learning IPS, Examples Non Examples Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SDN Pekoren 1 Pasuruan ditemukan bahwa pembelajaran IPS masih belum optimal, hal ini dikarenakan pelajaran IPS cenderung menekankan pada hafalan dan jarang melatih keterampilan tingkat tinggi siswa. Kegiatan siswa dalam mengemukakan pendapat, gagasan atau ide terhadap orang lain terlihat masih kurang. Mereka masih takut, kurang percaya diri dalam menjawab pertanyaan atau mengemukakan pendapat di depan kelas. Ketika menjawab pertanyaan atau mengerjakan soal siswa juga cenderung menjawab pertanyaan sesuai dengan text books dan ketika ditanya alasan jawabannya, mereka tidak mampu menjabarkan alasan dari jawaban tersebut. Guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis di kelas IV di SDN Pekoren 1 peneliti menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples (contoh bukan contoh), yaitu pembelajaran ini mengutamakan media yang berupa gambar yang menjadi contoh dalam materi yang sedang diajarkan dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran IPS kelas IV mengenal aktivitas ekonomi melalui model pembelajaran Examples Non Examples di SDN Pekoren 1 Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dalam tiga siklus, dengan satu siklus satu pertemuan Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) Wawancara, (2) Penskoran, dan (3) Dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. (1) siklus I rata-rata nilainya 58.7 dengan persentase siswa yang tuntas 22.6% dan yang tidak tuntas 77.4% (7 siswa tuntas dan 24 siswa tidak tuntas). (2) siklus II rata-rata nilainya 69.3 dengan persentase siswa yang tuntas 46.4% dan yang tidak tuntas 53.6% (13 siswa tuntas dan 15 siswa tidak tuntas). (3) siklus III rata-rata nilainya 80.8 dengan persentase siswa yang tuntas 72.4% dan yang tidak tuntas 27.6% (21 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas). (4) peningkatan rata-rata persiklus dalam penelitian ini adalah 10.6 dari siklus I ke siklus II dan 11.5 dari siklus II ke siklus III.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:25
Last Modified: 24 Oct 2016 08:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33956

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo