UMM Institutional Repository

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE OUTBOUND DI KELAS V SDN 2 BENDOROTO KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK

SULASIKIN, SINVIA (2016) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE OUTBOUND DI KELAS V SDN 2 BENDOROTO KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sinviasula-44216-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sinviasula-44216-2-babi.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Keyword : Analisis, Komunikasi, Metode Outbond, Analysis, Communication, Method, Outbound Komunikasi adalah menyampaikan materi secara lisan dan tulisan. Dalam komunikasi lisan terdapat aspek pertanyaan, jawaban dan kesimpulan, sedangkan komunikasi tulisan terdapat aspek menuliskan dan menggambarkan konsep serta menuliskan solusi pemecahan masalah. Langkah-langkah pembelajaran dalam metode outbond yaitu eksperience pengalaman, share berbagi rasa atau pengalaman, process analisis pengalaman, generalize menghubungkan pengalaman dengan situasi senyatanya dan apply penerapan terhadap situasi yang serupa atau lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui metode outbond kelas V di SDN 2 Bendoroto kecamatan Munjungan kabupaten Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaimana adanya. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V di SDN 2 Bendoroto kecamatan Munjungan kabupaten Trenggalek menggambarkan bahwa kemampuan komunikasi tulisan siswa yaitu dengan menuliskan dan menggambarkan konsep matematika yang terlihat dari langkah pembelajaran outbond yaitu langkah process, serta kemampuan menulis solusi pemecahan matematika yang terlihat yaitu langkah generalize. Selanjutnya kemampuan komunikasi lisan siswa mampu bertanya, menjawab dan menyimpulkan. Kemampuan bertanya dan menjawab dapat terlihar dari aspek eksperience dan share sedangkan aspek menyimpulkan terlihat dari langkah apply.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:17
Last Modified: 24 Oct 2016 08:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33954

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo