UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR (BASIC SKILL) SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE PENEMUAN (DISCOVERY) KELAS V SEMESTER 2 SDN DADAPREJO 01 BATU

KOSASIH, VINNY PERMATASARI (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR (BASIC SKILL) SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE PENEMUAN (DISCOVERY) KELAS V SEMESTER 2 SDN DADAPREJO 01 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vinnyperma-44218-1-pendahul-n.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vinnyperma-44218-2-babi.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Keyword : peningkatan, keterampilan proses dasar (basic skill), metode discovery, Improvement, basic skill process (basic skill), Discovery method Rendahnya keterampilan proses dasar siswa kelas V SDN Dadaprejo 01 Batu pada mata pelajaran IPA disebabkan oleh kegiatan pembelajaran di kelas kurang menunjukan adanya kerja ilmiah seperti kegiatan praktek. Kegiatan belajar di kelas hanya berpusat pada hasil, sehingga siswa kurang memanfaatkan keterampilan atau kemampuan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan metode penemuan (discovery) untuk meningkatkan keterampilan proses dasar (basic skill) siswa terhadap mata pelajaran IPA, (2) peningkatan keterampilan proses dasar (basic skill) terhadap mata pelajaran IPA melalui metode penemuan (discovery). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Dadaprejo 01 Batu dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V, sedangkan data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016 dengan melakukan 2 tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan observasi dan tes, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 petemuan. Hasil penelitian menunjukan: (1) penerapan metode penemuan (discovery) pada mata pelajaran IPA kelas V SD memberikan hasil yang positif bagi siswa karena mampu meningkatkan keterampilan proses dasar (basic skill) siswa maupun hasil belajarnya, (2) peningkatan keterampilan proses dasar (basic skill) siswa pada siklus 1 sebanyak 5 siswa (13,9%) yang mendapat kategori A, sedangkan pada siklus II sebanyak 30 siswa (83,3%). Hasil belajar pra tindakan yang tuntas sebanyak 3 siswa (8,3%), pada siklus 1 sebanyak 24 siswa (66,7%), dan lebih meningkat lagi pada siklus 2 yaitu sebanyak 32 siswa (88,9%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:13
Last Modified: 24 Oct 2016 08:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33953

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo