UMM Institutional Repository

PEMANFAATAN GREEN HOUSE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MUATAN LOKAL KECIL MENANAM DEWASA MEMANEN DI SDN KESAMBEN 1 KABUPATEN JOMBANG

KARTIKA, EKA TRI (2016) PEMANFAATAN GREEN HOUSE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MUATAN LOKAL KECIL MENANAM DEWASA MEMANEN DI SDN KESAMBEN 1 KABUPATEN JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekatrikart-44218-1-pendahul-n.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekatrikart-44218-2-babi.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Keyword : Green House, Sumber Belajar, Muatan Lokal, KMDM (Kecil Menanam Dewasa Memanen), Green house, Learning resources, Local content, KMDM (planted in young age harvest in adult) Muatan lokal berbasis lingkungan merupakan bentuk pengembangan dari sekolah Adiwiyata yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Pelaksanaan muatan lokal pada sekolah bertujuan untuk menciptakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Muatan lokal Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM) merupakan muatan lokal bentuk pengembangan dari sekolah Adiwiyata. Green house merupakan fasilitas yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar muatan lokal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) pemanfaatan green house sebagai sumber belajar pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di SDN Kesamben 1, (2) kendala dan upaya sekolah dalam pemanfaatan green house di lingkungan sekolah pada mata pelajaran muatan lokal KMDM di SDN Kesamben 1, (3) Respon siswa terhadap pemanfaatan green house sebagai sumber belajar di SDN Kesamben 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dari membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, mereduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatkan green house dilakukan dari tahap perencanaan yaitu penyusunan RPP yang dilakukan guru sebelum pelaksanaan proses belajar. Pelaksanaan belajar dengan melakukan pengamatan terhadap tanaman, kemudian evaluasi dilakukan ketika proses belajar dan hasil nilai soal evaluasi, (2) kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan muatan lokal ini adalahn minimnya jenis tanaman yang ada di dalam green house, tidak ada lebel nama tanaman yang ditempel pada tanaman. Sekolah telah mengupayakan mengatasi kendala tersebut dengan mengadakan kerja sama dengan wali murid dan pihak yang bersangkutan, (3) green house memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembelajaran terutama muatan lokal KMDM. Hal ini dibuktikan dengan semangatnya peserta didik dalam belajar, meningkatnya hasil evaluasi peserta didik dan mereka setuju dengan pemanfaatan green house tersebut sebagai sumber belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:10
Last Modified: 24 Oct 2016 08:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33952

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo