UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS IV SDN MOJOLANGU 2 MALANG

SULISTYOWATI, ELVIA (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS IV SDN MOJOLANGU 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elviasulis-44219-1-pendahul-n.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elviasulis-44219-2-babi.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Keyword : pelaksanaan, pendekatan saintifik, pembelajaran tematik, application, scientific approach, thematic learning Pendekatan selalu mengalami perubahan dan yang terjadi adalah pergantian kurikulum 2013 dari kurikulum sebelumnya. Dalam rangka menerapkan pendidikan yang bermutu, pemerintah telah menetapkan kurikulum tahun 2013 untuk diterapkan pada sekolah/madrasah. Penerapan kurikulum ini tentu dilakukan secara bertahap. Salah satu upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 yakni diterapkannya pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, mengetahui pelaksanaan pelaksanaan penerapan pendekatan saintifik, kendala serta solusi yang dilakukan guru untuk penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tema 7 subtema 3 kelas IV SDN Mojolangu 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Peneliti sebagai instrument kunci dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi serta studi dokumen. Analisa data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pendekatan saintifik pada tema 7 subtema 3 kelas IV di SDN Mojolangu 2 Malang sudah berjalan dengan baik tetapi ada beberapa pembelajaran yang kurang sesuai dengan RPP, seperti pada materi , media dll. (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan pendekatan saintifik adalah tidak semua pembelajaran bisa diterapkan pendekatan saintifik, pada saat dibentuk kelompok tidak semua ikut mengerjakan, pada saat pembelajaran dikelas didominasi oleh siswa yang memiliki IQ diatas teman-temannya artinya yang pintar dikelas tersebut, dan yang mempunyai IQ rendah akan tertinggal (3) upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendalayang muncul dalam penerapan pendekatan saintifik yaitu guru mengembangkan strategi pembelajaran agar siswa dikelas lebih aktif saat kegiatan menanya, guru berusaha melakukan pendekatan individual kepada siswa yang kurang mampu mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:07
Last Modified: 24 Oct 2016 08:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33951

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo