UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MATERI GAYA PADA SISWA KELAS IV SDN SUTOJAYAN KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG

JIWANDONO, VERY AGUNG (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MATERI GAYA PADA SISWA KELAS IV SDN SUTOJAYAN KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-veryagungj-44223-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-veryagungj-44223-2-babi.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Keyword : Peningkatan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri., improvement result learen, inquiry learning model. Hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti pada tanggal 12 Januari 2015 di SDN Sutojayan, dengan guru kelas IV Ibu Sri Murdat, S.Pd, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan menggunakan model pembelajaran dalam menyampaikan materi Gaya kurang menarik perhatian siswa. Oleh karena itu peneliti memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan model pembelajar inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sutojayan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes evaluasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif yang dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I difokuskan pada indikator menjelaskan gaya tarik dan gaya dorong, dan menyebutkan jenis-jenis gaya. Siklus II difokuskan pada indikator menentukan gaya dapat mengubah bentuk benda dan memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya dapat mengubah bentuk benda. Penerapan model pembelajaran inkuiri pada siklus I ini siswa berkelompok berdiskusi untuk memecahkan masalah dengan mengerjakan soal menggunakan model pembelajaran inkuiri. Pada siklus II sama dengan siklus I. Akan tetapi, materi pembelajaran berbeda yaitu siswa berkelompok untuk memecahkan masalah dengan praktikum dan mengerjakan soal. Sehingga berbeda dengan siklus I dan siklus II terdapat pada tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus I terdapat 14 siswa (44%) yang tuntas dan siklus II terdapat 26 siswa (82%) yang tuntas. Hal ini dibuktikan adanya hasil belajar siswa meningkat 38%. Dapat dikatakan bahwa menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sutojayan. Berdasarkan hasil tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran IPA dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sutojayan setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terdapat peningkatkan keberhasilan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:58
Last Modified: 24 Oct 2016 07:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33948

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo